Tips Mencegah Virus Flu Burung yang Wajib Diketahui

Ayam

Ayam pixabay

Flu burung atau avian influenza merupakan salah satu penyakit baru yang tergolong mematikan. Sesuai dengan namanya, penyakit ini merupakan penyakit flu yang ditularkan dari unggas, seperti ayam, ituk ataupun mentok. Hingga kini terdapat beberapa varian virus flu burung yang berbahaya atau bahkan mematikan,. Salah satu jenis virus yang telah banyak memakan  korban adalah virus H5N1.

Setelah merebak beberapa tahun yang lalu, belum lama ini ditemukan kasus infeksi virus flu burung yang menjangkiti beberapa unggas di beberapa tempat di Indonesia. Terkait hal ini, ada ribuan unggas yang mati karena flu burung di Banyuwangi. Tercatat ada lebih dari 70000 unggas mati di Banyuwangi. Ternyata kematian unggas secara mendadak juga terjadi di kawasan Cilandak, Jakarta. Di sini ada 20 ekor ayam dan entok yang dilaporkan mati secara mendadak.

Karena teruji terjangkit virus flu burung, unggas mati yang terinfeksi tersebut telah dikubur dan dibakar. Sedangkan unggas yang belum tertular telah divaksin. Untuk meminimalisir resiko tertularnya virus flu burung, ada beberapa hal yang mesti dilakukan. Berikut beberapa diantaranya:

Jangan Malas Mencuci Tangan

Mencuci tangan merupakan salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan, tidak terkecuali untuk meminimalisir tertularnya virus flu burung pada manusia. Terkait hal ini, mencuci tangan perlu dilakukan, baik sebelum makan, setelah melakukan aktivitas di luar rumah, setelah menjenguk orang sakit dan tentu saja setelah melakukan kontak dengan unggas. Meski terkesan sepele, pastikan Anda melalukan aktivitas ini dengan benar, mulai

Hindari Kontak Langsung dengan Unggas Terinfeksi

Bagaimanapun juga, meminimalisir kontak dnegan unggas yang terinfeksi flu burung merupakan slaah satu cara terbaik untuk mencegah penularan penyakit flu burung.. Jika Anda memelihara unggas, pastikan Anda melakukan sterilisasi secara berkala. Selain itu menjaga kesehatan hewan ternak juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Jangan lupa pula untuk menggunakan masker dan bersihkan tangan setelah berkontak dengan unggas yang dicurigai terinfeksi.

Jangan Malu Memeriksakan Diri Jika Timbul Gejala Flu Burung

Beberapa gejala yang mengarah ke flu burung adalah demam, nyeri otot, batuk, dan pilek. Meski berbagai gejala tersebut bersifat tidak spesifik, namun jika Anda mengalami gejala tersebut usai berkontak dengan ungggas, maka tidak ada salahnya jika Anda memeriksakan kesehatan Anda. Apalagi jika Anda bekerja di peternakan unggas atau rumah Anda berada di sekitar peternakan unggas.

Menjaga Kebersihan

Mencuci Tangan

Mencuci Tangan pixabay

Selain itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan diri, mulai dari badan, pakaian hingga lingkungan sekitar. Selain itu untuk menjaga sistem imun tubuh, pastikan Anda melakukan pola hidup seimbang, mulai dari mengkonsumsi makanan cukup gizi, cukup olahraga dan juga cukup istirahat. Bagaimanapun juga kebersihan diri dan lingkungan dapat menekan atau meminimalisir resiko penularan penyakit dari unggas ke manusia.

Baca juga:

Mencegah Penularan Flu di Tempat Kerja

Tips Membedakan Alergi dan Flu

Cara Mudah Menghindari Keracunan Makanan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: m.tempo.co dan www.klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment