Tips Memilih Sikat Gigi untuk Anak

Sikat Gigi Anak

Sikat Gigi Anak aboutsmileskids.com.au

Sikat gigi anak merupakan salah satu komponen penting untuk kesehatan gigi dan mulut buah hati Anda. Pemilihan sikat gigi yang tepat tentu akan memberikan perlindungan dan kenyamanan yang diperlukan si kecil. Berikut beberapa tips memilih sikat gigi untuk anak yang perlu diperhatikan!

Pemilihan ukuran sikat gigi untuk anak hal yang wajib diperhatikan saat memilih sikat gigi untuk anak. Pilihan kepala sikat dengan ujung mengecil akan memudahkan pergerakan bulu sikat untuk menjangkau seluruh permukaan gigi, bahkan hingga bagian paling ujung sekalipun. Selain itu, pastikan sikat gigi pilihan Anda memiliki pegangan yang nyaman sehingga memudahkan pergerakan sikat.

Intinya pilihlah ukuran sikat sesuai dengan usia dan ukuran mulut si kecil. Kalau bulu sikat mulai rusak, segeralah untuk menggantinya dnegan sikat gigi yang baru. Begitu pula dengan kenis sikat gigi. Berdasarkan cara pemakaiannya, sikat gigi dibagi dalam dua kelompok, yakni sikat gigi manual dan elektrik. Sesuai dengan namanya, penggunaan sikat gigi manual dilakukan secara manual sedangkan jenis sikat gigi elektrik sudah menggunakan bantuan teknologi. Sikat gigi elektrik merupakan salah satu solusi seseorang yang mengidap keterbatasan pada tangan atau pundak.

Sedangkan berdasarkan jenis bulu sikatnya, terdapat 3 jenis sikat gigi yang tersedia di pasaran, mulai dari soft, medium ataupun hard. Apapun pilihan Anda, pastikan ujung bulu sikat yang dipilih memiliki tekstur yang tidak terlalu kasar atau keras. Ujung bulu sikat yang keras atau kasar dapat merusak gusi, akar dan juga pelindung gigi. Apalagi jika Anda menyikat gigi terlalu keras.

Terkait dengan perawatan sikat, Anda dapat melakukannya dengan mencuci sikat di atas keran atau merendamnya dalam cairan pencuci mulut. Setelah digunakan sebaiknya tempatkan sikat pada ruangan terbuka sehingga bulu sikat dapat mengering. Baru setelah kering dimasukkan ke dalam tempat tertutup yang memiliki sirkulasi udara. Terkait hal ini, perlu diketahui bahwa ketiadaan sirkulasi udara malah dapat menumbuhkan bakteri.

Sikat Gigi Anak

Sikat Gigi Anak cnjxsj.en.alibaba.com

Karena toilet dan kamar mandi merupakan salah satu tempat yang menyimpan banyak kuman, menempatkan sikat pada wastafel di luar toilet atau kamar mandi dapat menjadi alternatif yang baik untuk meletakkan sikat gigi. Saat disimpan, hindarkan persentuhan antar sikat gigi. Penggantian sikat gigi dapat dilakukan 3 atau 4 bulan sekali atau jika bulu sikat sudah terlihat tidak layak pakai. Bagaimana dnegan pengalaman Anda?

Baca juga:

Tips Memilih Sepatu Anak yang Nyaman dan Aman

Pengenalan Kebersihan untuk Anak-anak

Tips Menindik Telinga Pada Bayi

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.alodokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment