Tips Memilih Menu yang Tepat untuk Berbuka Puasa

Semangka

Semangka vapable

Karena wajib menahan makan atau minum selama sekitar 12 jam resiko datangnya rasa lapar tetaplah ada. Apalagi jika Anda mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, baik saat sahur ataupun saat berbuka. Seperti yang diketahui bersama, umumnya orang rumah akan menyajikan makanan yang lebih enak dibandingkan biasanya. Begitu pula dengan anak perantauan. Olahan ayam, nasi padang, rendang dan beragam makanan lezat lainnya kerap menjadi pilihan.

Pemilihan kombinasi makanan yang tidak seimbang inilah yang menjadi pemicu timbulnya rasa lapar di siang hari. Kesalahan saat berbuka misalnya. Sudah menjadi rahasia umum jika pemilihan menu berbuka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang manis. Namun demikian ada baiknya jka Anda menghindari makanan ataupun minuman yang mengandung karbohidrat sederhana seperti kolak, teh manis ataupun sirup. Apalagi mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebih.

Hal ini terkait dengan sifat produk karbohidrat sederhana itu sendiri. Karbohidrat sederhana sangat mudah dipecah dan dicerna menjadi gula darah. Jika dikonsumsi secara berlebih makanan ataupun minuman jenis ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Sayangnya lonjakan gula darah tersebut akan diikuti dengan turunnya kadar gula darah dalam waktu yang cepat pula. Selain itu konsumsi jenis makanan ini dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah mengantuk dan juga lemas. Apalagi jika dikonsumsi saat sahur. See?

Untuk menanggulangi hal ini Anda dapat memilih menu manis lainnya seperti kurma ataupun jus buah. Gula buah merupakan salah satu sumber gula alami yang sehat. Anda dapat memilih buah yang mengandung kadar air tinggi seperti semangka ataupun melon. Selain kaya serat, kandungan air yang tinggi pada buah tentu dapat membantu melepas dahaga saat berbuka. Alternatif ini dapat menjadi solusi menarik untuk meningkatkan gula darah secara sehat.

Nasi Merah goofyfootfoods

Nasi Merah goofyfootfoods

Berbeda dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks yang kaya akan serat akan melakukan proses penyerapan secara perlahan. Karena itu naiknya gula darah pun terjadi secara perlahan sehingga rasa kenyang juga akan tahan jauh lebih lama. Karbohidrat kompleks akan meminimalisir rasa lemas di siang hari. Nasi merah, nasi hitam dan kentang rebus merupakan beberapa contoh karbohidrat kompleks yang dapat Anda pilih. Selain karbohidrat kompleks, jangan lupa untuk mengkombinasikannya dengan protein, buah dan sayur. Bagaimana dengan menu buka puasa Anda hari ini?

Baca juga:

Agar Tetap Fit Selama Menjalankan Puasa

Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Waktu Terbaik untuk Olahraga Saat Berpuasa

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.cnnindonesia.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment