Tips Memilih Kasur yang Nyaman untuk Tidur

| Posted : 05 Dec 2015 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Alas Tidur

Alas Tidur pixabay

Kualitas tidur seseorang dipengaruhi oleh banyak hal. Mulai dari aktivitas yang telah dilakukan, makanan yang dikonsumsi hingga alas tidur yang digunakan. Demi kualitas tidur yang baik, jangan lupa memperhatikan kualitas alas tidur Anda ya! Berikut pemaparan selengkapnya!

Selain berperan aktif dalam perbaikan sel, tidur juga merupakan hal yang sangat penting untuk fungsi sitem kekebalan dan vitalitas tubuh, bahkan untuk pemulihan cedera sekalipun. Karena itulah berbagai faktor yang mempengaruhi kualitas tidur seseorang memang perlu diperhatikan, tidak terkecuali dengan alas tidurnya sekalipun.

Menurut Dr Michael Breus, psikolog klinis dan penulis Beauty Sleep peralatan tidur yang tepat akan mendukung kinerja seseorang.  Lebih lanjut lagi Dr. Breus memaparkan bahwa alas tidur atau kasur merupakan salah satu faktor vital untuk mendukung tulang belakang, kepala dan juga leher. Alas tidur atau kasur yang sesuai dengan ukuran tubuh akan memudahkan proses regenerasi yang terjadi saat tidur.

Ukuran tubuh yang dimaksud di sini adalah panjang dan lebar tubuh Anda. Juga siapa saja yang akan menggunakan kasur tersebut. Apakah akan digunakan sendiri atau berbagi dnegan pasangan atau saudara. Bagaimanapun juga ukuran kasur yang terlalu pendek dapat meningkatkan potensi postur tubuh melengkung ketika sedang tidur. Kalaupun tidak, bagian telapak kaki yang tidak tertopang kasur saat tidur dapat mengganggu kenyamanan Anda pada keesokan harinya.

Selain itu perhatikan jenis kasur yang akan digunakan. Ada berbagai pilihan kasur yang tersedia di pasaran. Ada kasur yang berbagan kapas, busa hingga lateks. Kasur kapuk tergolong nyaman dan tidak mudah amblas. Kasur kapuk masih sering digunakan di kawasan pedesaan. Selanjutnya ada jenis kasur busa yangmemiliki tekstur yang empuk dan mudah ditata.

Alas Tidur

Alas Tidur pixabay

Sayangnya jenis kasur dari busa dapat menimbulkan efek panas saat sedang digunakan. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa hal seperti jenis busa yang tidak memiliki ruang untuk bernafas sehingga tidak memiliki ruang udara yang mencukupi bagi kulit Anda. Belum lagi kasur busa umumnya bertekstur empuk sehingga menempel erat dengan kulit saat sedang digunakan. Bukannya kenyamanan yang didapat, namun sebaliknya, panas dan keringat yang berlebihlah yang didapatkan. Terakhir ada jenis kasur dari lateks. Lateks adalah bahan alami yang hypoallergenic yang tahan terhadap bakteri, jamur hingga tungau ataupun kutu debu. Sudah nyamankah alas tidur Anda?

Baca juga:

Tidur dengan Rambut Basah, Berbahayakah?

Ternyata Tidur 7 Jam dalam Melawan Pilek Lho!

Durasi Tidur Mempengaruhi Kesehatan Jantung

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.mimichatter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment