Tips Memilih Buah atau Rempah dalam Infused Water

| Posted : 05 Dec 2014 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
www.iheartnaptime.net

www.iheartnaptime.net

Halo pecinta kesehatan dimanapun berada! Jika Anda termasuk orang yang kurang menyukai minum air putih, maka menikmati infused water dapat menjadi alternatif memenuhi kebutuhan air harian dengan cara yang menyenangkan. Infused water sebenarnya merupakan air putih biasa telah ditambah dengan potongan buah atau rempah segar dalam waktu tertentu agar nutrisi aroma dan sari buah atau rempah larut ke dalam air. Namun demikian rasa dan aroma yang berbeda sesuai dengan buah atau rempah pilihan inilah yang menjadikan infused water kini menjelma sebagai gaya baru dalam mengkonsumsi air putih.

Setelah mengetahui cara membuat infused water yang benar, satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan salah memilih buah atau rempah yang akan dimasukkan dalam air yang akan dijadikan bahan infused water itu sendiri. Pada dasarnya terdapat beragam pilihan buah atau rempah yang dapat dijadikan bahan infused water. Contoh yang paling sering digunakan adalah buah-buahan bercitarasa asam seperti stroberi, blueberry, nanas, kiwi, apel, jeruk nipis, jeruk sunkist, jeruk dan jeruk lemon. Sedangkan beragam rempah yang kerap kali digunakan sebagai pelengkap pembuatan infused water adalah rempah yang memiliki aroma harum dan segar seperti daun mint, batang serai dan cengkeh.

beahealthnuttoo.blogspot.com

beahealthnuttoo.blogspot.com

Namun demikian ada beberapa jenis buah yang dirasa tidak cocok digunakan dalam pembuatan infused water itu sendiri. Contoh mudahnya adalah buah-buahan yang memiliki citarasa terlalu manis dengan tekstur daging buah yang lembek. Mengapa demikian? Selain mudah rusak karena kandungan gula dan zat pati akan terfermentasi menjadi asam jika direndam dalam air terlalu lama, buah jenis ini juga akan mengotori air yang akan membuat air infused water menjadi keruh dan tidak menarik lagi. Kalau sudah demikian, bisa menurunkan selera untuk meneguk infused water yang telah dibuat. Contoh beberapa buah yang dimaksud adalah pisang, pepaya, semangka, alpukat dan mangga.

Selain itu buah-buahan mengandung gas seperti durian atau nangka juga tidak disarankan. Tanya kenapa? Meski mengeluarkan bau harum yang menggugah selera namun jenis buah ini dapat menimbulkan gangguan asam lambung. Akan lebih baik jika Anda memilih buah organik dalam membuat infused water. Selain lebih kaya nutrisi, buah organik tidak tercemar pestisida sehingga lebih sehat. Jangan pula menambahkan susu ke dalam infused water karena susu mudah rusak jika bertemu dengan air sehingga daya tahan infused water akan menjadi lebih singkat. Penambahan pemanis seperti gula pasir dan sirup gula juga tidak disarankan. Alasannya sama dengan penggunaan jenis buah tinggi kadar gula tadi, mudah rusak sehingga rasa air menjadi asam. Satu hal lain yang tidak boleh terlupa, infused water tidak boleh dikonsumsi lagi jika sudah terjadi perubahan rasa, seperti menjadi terlalu asam atau beraroma menyimpang. Selamat mencoba!

Baca juga:

Cara Melakukan Peregangan dengan Benar

Yuk Jadi Vegetarian Agar Terhindar Dari Berbagai Macam Penyakit

Cemal-Cemil Buah Naga, si Lezat Yang Kaya Manfaat

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: sahabatnestle.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment