Tips Membersihkan Sisir dan Alat Perawatan Rambut Lainnya

| Posted : 04 Jul 2015 | Kecantikan, Tips Sehat No comments
Hair Tools

Hair Tools letitbebeautiful

Seperti halnya busana yang dipakai sehari-hari, hair tools juga memerlukan perawatan berkala. Salah satu yang wajib dilakukan tentu dengan membersihkannya. Bagaimanapun juga, sisir, hair dryer hingga alat catok rambut tidak lepas dari bakteri. Apalagi jika dipakai setiap hari. Sayang rasanya jika usai keramas kita menyisir rambut dengan menggunakan sisir yang kotor. Bisa-bisa rambut yang telah bersih bisa menjadi kotor lagi akibat terkena kotoran di sisir.

Beda barang tentu akan berbeda pula perawatannya. Sisir rambut sebaiknya dibersihkan sekali dalam satu minggu. Jika dalam hitungan hari sudah terlihat tumpukan kotoran, maka segera cuci sisir Anda. Mencuci sisir rambut dapat dilakukan dengan bantuan sikat dan sampo. Setelah dibasahi, tuangkan sedikit sampo pada sisir lalu bersihkan dengan menggunakan sikat berbulu lembut. Sikat gigi dapat dijadikan alat untuk membersihkan sisir. Selain menggunakan sampo, Anda dapat membersihkan sisir dengan sabun anti bakteri yang lembut.

Peralatan lain yang tak boleh dilewatkan untuk dibersihkan adalah hot tools. Hot tools merupakan hair tools yang penggunaannya memanfaatkan tenaga listrik agar bisa menghasilkan panas. Beberapa contoh hot tools yang sering digunakan adalah hair dryer, alat pengeriting ataupun catok pelurus rambut. Ketiga peralatan elektronik ini kerap digunakan untuk membantu wanita memperoleh gaya rambut maksimal dalam beragam acara.

Semua hot tools sebaiknya dibersihkan minimal sekali dalam sebulan. Namun jika penggunaan hot tools dikombinasikan dengan hair product tentu perlu lebih sering dibersihkan. Apalagi jika Anda menggunakan hairspray. Karena memiliki sifat lengket, tentu hairspray akan membuat sisir rambut dan peralatan lainnya menjadi kotor. Tapi tenang saja, cara membersihkan hot tools  terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menggosoknya dengan air. Anda dapat menggunakan kapas atau kain lembut untuk membersihkan beragam hot tools kesayangan Anda.

Hair Tools 3 organicbeautytalk

Hair Tools organicbeautytalk

Untuk membersihkan alat pelurus ataupun pengeriting rambut Anda dapat menggunakan alat bantu yang dapat dibeli di toko kecantikan. Setelah dibersihkan, lap dengan kain basah lalu keringkan. Bersihkan kedua alat ini setiap dua minggu sekali. Berbeda dengan hair dryer, meski tidak langsung mengenai rambut, namun kotoran dari partikel udara dapat menumpuk dan menyumbat aliran udara. Akibatnya, Anda akan memerlukan waktu lebih lama saat mengeringkan rambut. Tutorial cara membersihkan hair dryer bisa dilihat beragam media sosial. Selain baik untuk kesehatan rambut, pembersihan juga dapat memperpanjang umur hair tools Anda. Jadi jangan malas bersih-bersih ya!

Baca juga:

Cara Keramas yang Benar

Seberapa Sering Harus Mencuci Handuk?

Perlukah Mencuci Pakaian Baru Anda?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dailymakeover.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment