Tips Memasak Daging Kurban yang Baik untuk Kesehatan!

| Posted : 16 Sep 2016 | Tips Sehat No comments
daging

daging

Idul Adha merupakan salah satu moment istimewa bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Pasalnya selain menjadi moment berkumpul dengan keluarga besar, faktanya Hari Raya Kurban umumnya akan dimeriahkan dengan sajian beragam makanan lezat berbahan daging merah, baik itu daging sapi maupun daging kambing.

Sayangnya jika tidak pandai menerapkan gaya hidup sehat, bisa-bisa moment spesial ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda, seperti timbulnya hipertensi ataupun lonjakan kadar kolesterol yang jauh dari batas normal. Untuk meminimalisir hal ini, perhatikan beberapa poin penting berikut ini!

Memisah Daging Kurban

Daging

Daging pixabay.com

Sebelum memasak, pastikan Anda memisahkan mana daging sapi dan mana daging kambing. Hal ini penting agar seseorang yang menderita hipertensi tidak salah mengambil jenis daging mana yang akan dikonsumsi. Selain itu, memisahkan jenis daging yang akan dimasak akan meminimalisir kesalahan saat mengolah daging. Pasalnya daging sapi maupun daging kambing memiliki trik mengolah yang berbeda satu sama lain.

Memilih Daging Berkualitas

Selain memisahkan jenis daging kurban, untuk menghindari timbulnya hipertensi ataupun kolesterol, perhatikan kualitas daging yang akan dimasak. Untuk meminimalisir dua penyakit tersebut, pastikan Anda memilih daging segar yang bebas lemak. Jika Anda mendapatkan daging kurban dengan lemak, pisahkan dulu lemak dari daging, baru dicuci lalu dimasak.

Masak dengan Bahan Lain yang Berkualitas

Rendang

Rendang littlekampungkitchen.blogspot

Tidak hanya kualitas daging saja yang diperhatikan, namun bumbu, kadar garam, gula hingga minyak dan kekentalan santan yang digunakan pun perlu ditakar dengan baik. Dengan demikian citarasa masakan yang dihasilkan tidak hanya lezat di lidah, namun juga tidak mengganggu kesehatan. Untuk meminimalisir kadar kolesterol jahat, hindari penggunaan mentega ataupun minyak goreng. Pemilihan minyak sayur dapat menjadi alternatif yang baik untuk memasak daging.

Usahakan Memasak Sesuai Kebutuhan

Memasak sesuai kebutuhan akan menghindarkan kita dari olahan makanan yang dihangatkan hingga berulang kali. Dengan demikian resiko menikmati olahan daging bersantan yang terlalu kental ataupun terlalu asin pun akan menurun. Meski terkesan sepele, namun hal ini akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Jangan Lupa Makan Serat

Salad Buah

Salad Buah southernbite

Selain itu pastikan Anda tetap mengkonsumsi buah dan sayur saat menikmati olahan daging. Selain menjaga kebutuhan serat Anda, serat pada sayur ataupun buah dapat mengurangi efek samping dari konsumsi daging yang umumnya berlebihan usai hari raya kurban. Dan ternyata buah dan sayur dapat membantu mengurangi serapan kolesterol di usus halus. Apalagi berbagai buah atau sayur cocok disajikan dengan berbagai olahan daging, seperti sate kambing dengan mentimun.

Baca juga:

Apa Sih yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Merokok Selama 20 Menit Saja?

Tips Agar Penurunan Berat Badan Anda Semakin Terasa Menyenangkan

Mana yang Lebih Menyehatkan ? Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin ? Ini Jawabannya !

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: lifestyle.okezone.com dan health.liputan6.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment