Tips Cepat Sembuh Usai Operasi

| Posted : 15 Jan 2016 | Tips Sehat No comments
Ilustrasi Kamar Terang

Ilustrasi Kamar Terang pixabay

Setiap orang yang menjalani operasi tentu menginginkan agar kondisi fisiknya cepat pulih sehingga dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala. Menariknya aktivitas rehabilitasi ini bahkan bisa dilakukan sebelum menjalani operasi lho! Berikut informasi selengkapnya!

Melakukan rehabilitasi sebelum menjalani operasi dikenal dengan program prehab. Kegiatan prehab meliputi konsultasi dengan dokter terkait nutrisi, olahraga hingga pemilihan metode relaksasi yang dibutuhkan dilakukan sebelum operasi. Terkait hal ini, hasil penelitian menyebutkan bahwa pasien prehab lebih cepat sembuh usai menjalani operasi.

Meski terlihat sepele, ternyata membiarkan cahaya matahari masuk dengan bebas ke kamar pasien juga dapat membuat pasien merasa lebih baik. Menurut penelitian Cleveland Clinic, paparan sinar matahari yang rendah mengakibatkan pasien merasa lelah dan kesakitan. Bahkan terapi perapi percakapan pun juga dapat membantu pasien lebih rileks.

Ada penelitian yang membandingkan pasien yang melakukan terapi dengan minum obat penenang dan  terapi percakapan. Hasil penelitian yang ditunjukkan dengan tes detak jantung  menunjukkan bahwa pasien terapi percakapan memberikan hasil yang jauh lebih tenang. Karena itulah mengajak bicara pasien tentang berbagai hal positif diharapkan mampu mempercepat proses penyembuhan.

Latihan

Latihan pixabay

Selain itu jangan lupa untuk senantiasa percaya pada kekuatan diri sendiri. Kekuatan ini akan membantu pasien cepat sembuh usai menjalani operasi. Hal ini terbukti dari sebuah studi kecil yang dilakukan pada orang yang lengannya digips karena mengalami kecelakaan.

Kala itu setengah dari relawan diminta membayangkan untuk menggerakkan tangan dengan interval lima detik. Sedangkan setengahnya lagi diminta beristirahat saja. Ternyata latihan mental sederhana ini dapat membantu pasien mengembalikan fungsi tubuh dengan lebih cepat. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Baca juga:

Mengenal Metode Operasi Penurunan Berat Badan

Perlukah Menjalani Operasi Usus Buntu?

Mengenal Operasi Lasik pada Mata

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: meetdoctor.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment