Tips Berolahraga yang Baik untuk Jantung

| Posted : 25 Sep 2015 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Olahraga

Olahraga becomegorgeous

Olahraga merupakan salah satu cara agar tubuh tetap aktif bergerak. Seperti yang telah lama diketahui, olahraga memiliki beragam manfaat menarik bagi tubuh, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, tidak boleh melakukan olahraga secara sembarangan. Berikut tips berolahraga yang baik untuk kesehatan jantung Anda!

Cardio ataupun latihan aerobik dapat membuat jantung berdetak lebih kencang. Terkait pemilihan olahraga yang tepat, Anda dapat mengkonsultasikannya dengan dokter pribadi Anda. Apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu.

Ada begitu banyak jenis olahraga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari berjalan, lompat tali, bersepeda ataupun menari. Selain melatih kekuatan, olahraga yang dilakukan dapat pula bermanfaat untuk membentuk otot. Perlu diketahui juga kalau latihan angkat berat ternyata dapat meningkatkan tekanan darah dalam waktu yang singkat.

Selain angkat barbel, Anda juga bisa melakukan angkat berat dengan bantuan alat yang biasanya tersedia di pusat kebugaran. Salah satu pilihan terbaik yang dapat dilakukan adalah memberi jeda istirahat selama satu atau dua hari usai latihan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tinggal ikuti saja aturan sederhana seperti memulai olahraga dengan ritme perlahan yang selanjutnya dapat ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan fisik Anda.

Memulai adalah hal yang sulit, namun mempertahankan kebiasaan baik umumnya jauh lebih sulit. Karena itulah dibutuhkan dorongan yang kuat untuk senantiasa melanjutkan kebiasaan baik saat berolahraga. Mengajak teman, pasangan ataupun mendengarkan musik dapat menjadi salah satu mood booster untuk menjalani rutinitas olahraga.

Olahraga

Olahraga clubsolutionsmagazine

Oiya, jangan lupa untuk memberi jeda setidaknya satu jam antara jam makan dan sesi olahraga yang akan dijalankan. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum sesi olah tubuh ini dimulai. Lakukan pula olahraga dengan ritme yang pelan, lalu akhiri dengan pendinginan. Hindari untuk berhenti secara mendadak lalu duduk, diam berdiri atau bahkan langsung tidur usai menjalani olahraga. Kenapa? Karena hal ini dapat menyebabkan pusing ataupun menyebabkan jantung menjadi berdebar-debar. Cukupi pula kebutuhan cairan Anda. Pada awalnya, olahraga memang bisa membuat badan terasa pegal-pegal. Namun rasa kurang nyaman tersebut akan memudar jika telah terbiasa berolahraga.

Baca juga:

Oww! Patokan Olahraga Bukan Keringat Lho!

 Cara Benar Mencuci Pakaian Olahraga

Cara Benar Mencuci Wajah Setelah Berolahraga

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.webmd.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment