Tips Agar Buah yang Dikonsumsi Tidak Hilang Nutrisinya

photo from www.holisticvanity.ca

photo from www.holisticvanity.ca

Jus buah sering kita konsumsi untuk membuat tubuh jadi lebih segar. Buah-buahan banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan. Buah-buahan juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta antioksidan yang tinggi. Jus adalah favorit karena cara mengkonsumsinya cukup mudah, namun untuk lebih baiknya mengkonsumsi buah dengan cara dimakan langsung, dengan begini nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah tersebuh tidak hancur dan rusak. Namun semua tergantung sesuai selera, buah tetap baik dan berguna bagi kesehatan, dan kita memang harus mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Berikut adalah tips untuk meracik jus buah agar manfaatnya bisa maksimal.
1. Pilihlah Buah Lokal
Buah impor dianggap memiliki nutrisi yang lebih tinggi karena harganya yang lebih mahal. Padahal, buah impor dipetik dalam keadaan setengah matang dan melewati proses pengiriman yang panjang. Akibatnya, nilai nutrisi nya jadi berkurang. Pilih buah lokal yang tak memerlukan waktu terlalu lama dari proses pemetikan. Pilih yang matang dan berkualitas baik.
2. Jangan Kupas Kulitnya
Ternyata kulit buah-buahan memiliki khasiat yang hebat. Misalnya kulit pada buah apel yang mengandung antioksidan dan kulit kiwi yang mengandung vitamin E serta serat yang tinggi. Jika benar-benar perlu dikupas, kupaslah setipis mungkin.
3. Minum Langsung
Buatlah porsi jus secukupnya dan jangan berlebihan. Setelah siap, minumlah jus sesegera mungkin. Hal ini untuk menghindari proses oksidasi yang bisa merusak nutrisi dalam jus buah.
4. Simpan Jus dalam Lemari Es
Jika akan menyimpan jus yang telah selesai dibuat, simpanlah di dalam lemari es agar nutrisinya lebih awet, dan sebaiknya jangan simpan terlalu lama.
5. Buat Kombinasi Jus
Jika tubuh terasa lelah, minum jus dari beberapa kombinasi dapat membuat bugar kembali. Contohnya, racikan jeruk, strawberry, anggur yang mengandung vitamin C tinggi. Bisa juga ditambahkan dengan sayuran yang segar, seperti brokoli, timun, dan wortel.

photo from carolinafitnessmag.com

photo from carolinafitnessmag.com

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dreamersradio.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email
Comments
  1. Posted by Tips Kesehatan dan Kecantikan

Add Your Comment