Tidur dengan Rambut Basah, Berbahayakah?

Tidur

Tidur www.minq.com

Saat musim hujan tiba tentu resiko kehujanan menjadi lebih besar dibandingkan saat musim kemarau. Kalau sudah begini, sebagian besar orang memilih untuk mandi sekaligus keramas. Saat musim hujan tiba, tentu proses pengeringan rambut memerlukan waktu lebih lama daripada biasanya. Sayangnya karena kelelahan, bisa jadi seseorang akan tidur dengan kondisi rambut yang masih basah. Baikkah hal ini? Berikut informasi selengkapnya!

Sebagian orang masih mengira bahwa penyebab terjadinya flu adalah udara dingin ataupun kondisi kedinginan. Salah satu yang kerap ditengarai menjadi penyebab flu tidak lain karena tidur dengan rambut basah. Sayangnya pendapat ini tidaklah benar. Flu disebabkan karena virus. Tidak ada hubungannya dengan suhu udara di sekitar Anda.

Meski demikian, ada sebuah teori yang mengatakan bahwa ketika tubuh mengalami kondisi flu, maka pembuluh darah di hidung dan tenggorokan akan mengalami penyempitan. Meski terdengar sepele, namun hal ini ternyata berpengaruh pada kinerja sel darah putih. Ini berkaitan dengan jumlah sel darah putih yang melewati pembuluh darah. Karena pembuluh darah mengalami penyempitan, maka sel darah putih yang lewat pun akan lebih sedikit. Dan seperti yang telah banyak diketahui, sel darah putih merupakan bagian dari sistem imunitas seseorang.

Terkait hal ini ada sebuah penelitian yang dilakukan terkait pengaruh suhu terhadap kemungkinan tubuh terkena suatu penyakit. Penelitian yang dilakukan oleh Ron Eccles ini dibagi dalam dua kelompok. Peserta kelompok pertama diminta untuk merendam kakinya dalam air dingin yang setara dengan kondisi seseorang saat rambutnya sedang basah. Kelompok kedua hanya diminta memasukkan kaki yang masih berkaos kaki dan bersepatu di dalam bak kosong.

Hasil penelitian ini tidak menunjukkan perbedaan apa-apa di hari pertama. Namun kondisi terlihat berubah pada hari ke empat dan kelima dimana setengah dari peserta pertama menunjukkan terjadinya gejala flu. Meski demikian, keberadaan virus flu pada peserta sebelum penelitian tidak masuk dalam parameter yang diuji. Rambut basah saat tidur kerap dikaitkan dengan tingkat kenyamanan dan kehangatan seseorang. Ini artinya tidur dengan rambut basah tentu akan mengurangi kenyamanan Anda saat terlelap.

Tidur

Tidur calibermag

Belum lagi beberapa masalah lain yang bisa timbul akibat tidur dengan rambut basah, seperti rambut yang menjadi lebih sulit diatur. Hal ini tentu akan menyedot perhatian dan waktu tersendiri pada keesokan harinya. Terkait dnegan hal ini, hairstylist John Ruggiero menyarankan untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan seperti menggunakan sedikit leave-in conditioner lalu gulungrambut Anda di atas kepala.  Setidaknya hal ini dapat mengurangi kekusutan rambut saat bangun nanti.

Baca juga:

Tips Mengatasi Rambut Berminyak

Tips Membersihkan Sisir dan Alat Perawatan Rambut Lainnya

Ternyata Menyisir Rambut Ada Aturannya Lho!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.byrdie.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment