Tidak Sarapan Bisa Picu Obesitas

Kesibukan sering membuat banyak orang lupa untuk sarapan. Melewatkan kebiasaan sarapan seperti ini ternyata dapat menimbulkan masalah besar pada tubuh Anda. seorang dokter sekaligus pemerhati gaya hidup sehat, Grace Judio-Kahl, menyatakan stamina tubuh dan konsentrasi dapat meningkat dengan sarapan. Resikonya, jika tidak terbiasa sarapan, tubuh bisa mengalami obesitas.

obesitas

obesitas noerbibieary.wordpress

Orang yang suka melewatkan sarapan lebih dari empat kali dalam seminggu lebih mungkin untuk menjadi gemuk dibandingkan orang yang memakan sesuatu di pagi hari. Sejumlah penelitian selama bertahun-tahun telah menunjukkan bahwa melewatkan sarapan dapat berdampak buruk pula pada perilaku dan kinerja mental anak-anak. Siswa yang sarapan memiliki memori yang lebih baik, sehingga mereka bisa menerima pelajaran dengan baik.

Orang-orang yang sarapan jauh lebih mungkin mendapatkan asupan sehat vitamin dan mineral daripada yang tidak sarapan. Sarapan berprotein tinggi dapat meningkatkan potensi energi baik untuk tubuh. Selain itu, sarapan sehat juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Bahan makanan yang kiranya merupakan bagian dari sarapan sehat ialah telur, sayur, kacang sandwich, yogurt, jus atau buah, dan susu. Ambillah salah satunya sebelum beranjak kerja. Anda bisa membuat telur mata sapi, roti sandwich, jus jambu, atau cukup dengan minum susu. Tak perlu makan berat, karena makan berat juga beresiko, minimal Anda akan cepat ngantuk.

Ilustrasi Sarapan Sehat

Ilustrasi Sarapan Sehat citymarketandcafe

Memilih makanan yang mengandung protein lebih banyak lebih baik daripada Anda memilih makanan yang mengandung karbohidrat untuk sarapan. Karbohidrat cenderung membuat Anda cepat lapar di tengah hari, sementara protein bisa menjaga rasa kenyang Anda lebih lama. Selain itu, protein juga lebih baik untuk menjaga kondisi tubuh.

Jika aktivitas makan terencana dengan baik, Anda akan punya kesempatan untuk menyediakan makanan sehat. Oleh karena itu, rencana waktu sarapan Anda sebaik Anda merencanakan karir.

Hati-hati, saat sarapan Anda harus benar-benar menghindari soft drink serta makanan tinggi kalori dan lemak. Salah satu penyebab obesitas adalah karena seseorang terlalu banyak mengonsumsi soft drink, makanan tinggi kalori dan lemak. Obesitas juga terkait erat dengan minimnya aktivitas fisik, maka di kantor Anda tak boleh hanya duduk setelah sarapan. Rencanakan pula untuk melakukan jalan-jalan singkat sebagai aktivitas relaksasi. Refreshing sebentar di tengah-tengah kesibukan akan membantu kesehatan, baik fisik maupun mental.

Baca juga informasi sehat lainnya, seperti:

3 cara mudah mengurangi konsumsi gula saat sarapan

Hati-hati! Menu sarapan ini bisa menyebabkan obesitas

Menyiapkan sarapan yang sehat

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.dummies.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment