Tidak Nyaman dengan Produksi Keringat yang Berlebihan? Ini Solusinya!

| Posted : 11 Aug 2016 | Kecantikan, Tips Sehat No comments
Deodorant

Deodorant umaoils

Berkeringat sejatinya merupakan salah satu cara alami untuk mendinginkan tubuh. Kondisi ini bisa terjadi baik saat cuaca sedang panas, saat makan makanan yang panas ataupun saat menjalani olahraga. Namun jika keringat yang diproduksi menjadi sangat berlebih, tentu hal ini dapat mengganggu kenyamanan dan penampilan seseorang.

Dalam dunia medis, seseorang yang mengalami produksi keringat berlebih dikenal dengan sebutan hyperhidrosis. Menurut Dr. Raffy Karamanoukian, ahli bedah plastik yang mengkhususkan diri dalam mengobati hyperhidrosis menyebutkan bahwa terdapat dua alasan yang dapat menyebabkan terjadinya hyperhidrosis.

Pertama mungkin otak dan sistem syaraf terlalu banyak mengirimkan sinyal untuk memproduksi keringat. Selain itu bisa jadi sistem syaraf bertindak normal, namun kelenjar keringat di bagian tubuh tertentu yang hiperaktif. Bagaimana cara untuk mengatasi kondisi hyperhidrosis ini? Berikut beberapa pilihannya!

Resep Antiprespirant

Ilustrasi Menggunakan Deodorant

Ilustrasi Menggunakan Deodorant testtube

Salah satu resep yang dapat digunakan untuk mengatasi keringat adalah drysol. Drysol tergolong cukup kuat untuk menghentikan keringat berlebih. Namun demikian, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan bahan ini.

Botox

Ternyata botox juga dapat menjadi pilihan solusi saat mengalami kondisi hyperhidrosis. Lebih lanjut lagi botox dapat bekerja dengan menghalangi sinyal dari saraf yang mengaktifkan kelenjar keringat Anda di daerah tertentu. Jika ingin melakukan botox, pastikan Anda melakukannya dengan dokter yang berpengalaman. Dalam batasan normal, botox memiliki resiko yang sangat kecil.

Iontophoresis

Iontophoresis merupakan tindakan “menembak” Kelenjar Keringat yang terlalu aktif menggunakan listrik. Treatment ini merupakan teknik yang kerap dilakukan untuk orang yang mengalami hyperhidrosis pada tangan maupun kaki. Jika ingin melakukan tindakan ini, pastikan Anda berkonsultasi dan melakukannya dengan dokter yang memiliki kredibilitas di bidangnya.

Menembak Kelenjar Keringat yang Terlalu Aktif dengan Microwave

Selain iontophoresis, ada pula pilihan lain yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi hyperhidrosis, yaitu dengan menembak kelanjar keringat yang terlau aktif menggunakan energi gelombang mikro. Panas yang dihasilkan dari aktivitas ini akan membuat kelenjar keringat menjadi hilang. Terkait hal ini, FDA  baru menyetujui untuk dilakukan di area ketiak saja.

Operasi

Operasi juga dapat menjadi pilihan untuk untuk mengatasi hyperhidrosis. Cara ini dilakukan dnegan menyedot kelenjar keringat dari bawah kulit. Meski harus dilakukan dengan sayatan kecil, namun hasilnya terbilang sangat baik. Apapun pilihan Anda, jnagan lupa untuk berkonsultasi pada dokter ahli.

Baca juga:

Cara Mudah Agar Hasil Mencukur Tahan Lebih Lama

5 Cara Mengatasi Random Facial Hair

Apa Sih Manfaat Bulu-bulu Tubuh Bagi Kesehatan?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.foxnews.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment