Ternyata Waktu Terbaik Memakai Deodorant Bukan Setelah Mandi Lho!

Deodorant

Deodorant umaoils

Deodorant ataupun antiprespirant merupakan produk yang dapat membantu menaikkan tingkat percaya diri seseorang. Baik dalam deodorant ataupun antiprespirant umumnya mengandung zat aktif berupa triclosan. Bahan kimia yang terdengar tidak asing ini dikenal mampu menghalau pertumbuhan bakteri pencegah bau. Selain terdapat pada deodorant ataupun antipresirant, ticlosan juga banyak ditemukan sebagai bahan pembuatan sabun.

Meski sekilas keduanya seolah memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menghalau bau, namun faktanya tidaklah demikian. Deodorant berfungsi untuk mencegah atau menutupi bau yang kurang sedap, sedangkan antipresprant berfungsi mencegah bau dengan cara meminimalisir produksi keringat yang dikeluarkan oleh tubuh. Jadi jika produksi keringat Anda tidak berlebih, cukup gunakan deodorant saja. Berbeda dengan kebutuhan orang dengan keringat berlebih. Mereka sebaiknya menggunakan produk yang menggabungkan antara deodorant dan prespirant.

Umumnya orang menggunakan deodoran ataupun prespirant di pagi hari, tepatnya setelah mandi. Sayangnya kebiasaan ini sebenarnya kurang pas lho! Apalagi jika produk penghalau bau tubuh tersebut mengandung prespirant, agen penghalau berlebihnya produksi keringat. Ternyata malam hari sebelum tidurlah waktu terbaik untuk menggunakan prespirant.

Di malam hari umumnya temperatur tubuh seseorang cenderung lebih rendah. Aktivitas di malam hari pun umumnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan aktivitas di siang hari. Ini artinya kelenjar tubuh memproduksi keringat dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan saat sedang beraktivitas. Kondisi yang demikian mengakibatkan bahan aktif dalam antiprespirant akan lebih efektif diserap. Dengan demikian fungsi utama antiprespirant sebagai agen pencegah produksi keringat berlebih dapat bekerja dengan maksimal.

Deodorant

Deodorant freeimageslive.co.uk

Berbeda halnya jika digunakan di pagi hari. Umumnya kondisi ketiak di pagi hari lebih basah dibandingkan di malam hari. Apalagi jika sedang dalam kondisi terburu-buru ataupun mengejar sesuatu. Saat kulit dalam keadaan basah maka bahan aktif dalam antiprespirant tidak dapat diserap dengan baik oleh pori-pori ketik. Akibatnya proses pengurangan keringat hanya terjadi di bagian permukaannya saja. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Baca juga:

Yuk Kenali Beragam Hal Penyebab Bau Mulut!

Tips Mencegah Bau Pada Area Vital Pria

Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: brighterlife.co.id dan life.viva.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment