Ternyata Roti Berbahaya untuk Penderita Maag

Bolu

Bolu bakingadrenalin.wordpress.com

Bagi penderita maag atau gastritis umumnya sudah waspada  dengan beragam olahan makanan, mulai dari yang bercitarasa asam hingga makanan pedas dan juga berlemak. Namun tahukah Anda bahwa roti juga dapat menyebabkan datangnya penyakit yang bermuara dari produksi asam lambung ini? Berikut penjelasan lengkapnya!

Roti bukanlah jenis makanan yang asing bagi masyarakat Indonesia. Bahkan industri pastry kini menjadi salahsatu jenis usaha yang dilirik oleh banyak pengusaha. Tidak hanya roti khas suatu daerah saja, kini beragam olahan roti khas luar negeri juga dapat ditemui di dalam negeri. Lalu apa hubungan roti dnegan penyakit maag?

Pertama kita harus memahami dulu bahwa terdapat satu perbedaan mendasar yang umumnya membedakan roti di luar negeri dengan roti yang banyak ditemui di dalam negeri. Di luar negeri, seperti Timur Tengah, Amerika atau di beberapa negara di benua Eropa, roti merupakan salah satu makanan pokok. Karena itulah pengolahan roti di sana merupakan roti murni berbahan gandum, tanpa penambahan ragi.

Karena itulah ukuran adonan roti dengan roti jadi tidak jauh berbeda. Selain itu citarasa yang dihasilkan tentu saja beda dari roti yang sering kita jumpai. Tekstur roti tanpa ragi umumnya lebih keras dan padat serta hanya mampu bertahan selama beberapa jam saja. Lain di negara tetangga, lain pula di negara kita. Roti yang banyak beredar di sekitar kita umumnya dibuat dengan menambahkan ragi.

Selain dapat mengembangkan adonan roti, ragi mampu menghasilkan citarasa roti yang sesuai dengan selera orang Indonesia. Umumnya roti di sini memiliki tekstur yang lembut dan dapat bertahan lebih lama daripada roti tanpa ragi. Penambahan ragi inilah yang membuat roti menjadi “musuh” bagi penderita maag. Bagaimanapun ragi akan membuat bahan roti mengalami proses fermentasi.

Roti Kukus

Roti Kukus resepcaramasak.com

Perlu diketahui bahwa dalam ragi terdapat mikroorganisme yang akan mengubah gula dan karbohidrat pada adonan menjadi senyawa karbon dan alkohol yang bersifat asam. Senyawa inilah yang dapat meningkatkan jumlah gas dan zat asam dalam lambung, apalagi jika dikonsumsi   Meski demikian, roti tetap aman dinikmati bagi mereka yang tidak menderita penyakit maag. Tentu selain roti, penderita maag harus mengatur jadwal makan dengan baik, menghindari makanan pedas dan juga asam serta kondisi stres. Bye-bye maag!

Baca juga:

Bahaya Mengkonsumsi Kerang Secara Berlebihan

Aneka Makanan Ini Ternyata Memiliki Kandungan Racun Lho!

Mengenal Revolusi Kesehatan Bernama Detox Diet

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment