Ternyata Meminum Es Teh Dapat Membahayakan Ginjal!

dari oleander0.blogspot.com

dari oleander0.blogspot.com

Semua orang suka minuman ini, apalagi jika disajikan dingin ditambahkan dengan es batu. Sudah pasti sangat segar hingga menghilangkan dahaga. Selain itu, rasa manisnya yang menyegarkan juga harganya yang terjangkau, menjadikan minuman ini adalah favorit di segala suasana. Popularitas es teh sudah dapat dibuktikan dengan kehadirannya di hampir semua tempat makan, mulai dari kelas warung hingga restoran mahal.

Tapi tahukah Anda, di balik kenikmatannya, es teh menyimpan potensi yang cukup merugikan bagi kesehatan, yaitu dapat meningkatkan resiko menderita batu ginjal. Es teh mengandung konsentrasi tinggi oksalat, yaitu salah satu bahan kimia yang dapat memicu pembentukan batu ginjal. Tidak hanya es teh, namun teh panas sebenarnya juga menyimpan efek buruk yang sama. Hanya takaran penyajian teh panas biasanya lebih kecil. Logikanya, orang yang meminum teh panas tidak akan sebanyak saat meminum es teh. Jarang orang yang mengkonsumsi teh panas saat haus, berbeda dengan es teh, dimana banyak orang sanggup meminumnya lebihh dari segelas saat haus dan udara panas.

Pria, wanita posmenopause dengan tingkat estrogen rendah dan wanita yang pernah menjalani operasi pengangkatan indung telur, paling rentan terpapar oleh dampak buruk dari es teh. Oleh karenanya, mengganti es teh dengan air putih sangat disarankan, atau jika ingin mendapatkan rasa yang lebih segar, Anda dapat menambahkan potongan buah lemon, karena kandungan citrates dari lemon tersebut dapat menghambat pertumbuhan dari batu ginjal. Batu ginjal sendiri adalah kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam yang biasanya ditemukan dalam air seni, ginjal atau saluran kemih. Mineral tak terpakai itu umumnya bisa keluar dari tubuh bersama urin, tapi dalam kondisi tertentu bisa mengendap dan membatu di dalam saluran kemih.

dari www.radio2.be

dari www.radio2.be

Makanan lainnya yang berpotensi dapat menimbulkan efek buruk tersebut adalah; bayam, cokelat, kacang-kacangan, garam dan daging. Alangkah lebih baiknya mengkonsumsi es teh dan makanan-makanan tersebut dalam taraf wajar demi kesehatan ginjal. Memadukan makanan tinggi kalsium yang dapat mereduksi oksalat sangat baik dan dianjurkan untuk kesehatan, juga perbanyak meminum air putih.

Baca juga artikel lainnya:

Bahan Alami yang Ampuh Redakan Sariawan

Berhenti Merokok Dengan Mengkonsumsi Makanan Berikut Ini

Ternyata Pasta Gigi Mempunyai Manfaat yang Lain!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: terselubung.in

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment