Ternyata Kondisi Sepatu Juga Mempengaruhi Kesehatan Lho!

llustrasi Alas Kaki

llustrasi Alas Kaki cherrytin

Meski telihat sepele, namun kondisi alas kaki tetap wajib untuk diperhatikan. Salah satu yang dicek kondisinya adalah bagian sol pada sepatu. Selain alasan kenyamanan, bagian sepatu yang menempel langsung pada telapak kaki ini dapat membantu mencegah terjadinya cedera pada tubuh bagian bawah. Inilah mengapa sol sepatu perlu diperhatikan bahkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli alas kaki, baik itu alas kaki untuk  kerja, olahraga hingga alas kaki yang digunakan untuk travelling.

Menggunakan sepatu yang telah usang dapat menyebabkan tumit, kaki dan nyeri punggung. Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, hal ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan. Karena itulah jika sol sepatu Anda mulai menunjukkan tanda-tanda keausan seperti retakan pada sol atau pada bagian permukaan atas sol, maka segera saja untuk memperbaikinya. Jika tidak sudah tidak nyaman dan susah untu diperbaiki, maka ada baiknya Anda membeli alas kaki baru.

llustrasi Alas Kaki

llustrasi Alas Kaki bushwalkingco

Salah satu cara memilih sol alas kaki yang baik adalah dengan melihat bahan sol itu sendiri. Pilihlah bahan termoplastik, bukannya gel. Ini karena bahan gel cenderung akan kehilangan bantalan dengan waktu yang lebih cepat. Hal ini erat kaitannya dengan salah satu masalah utama yang dihadapi konter sol, yakni kehilangan bantalan sol setelah beberapa waktu. Jika Anda menginginkan kenyamanan serta daya tahan yang maksimal, maka pertimbangkanlah mengenai custom orthotics. Istilah orthotic sendiri mengacu pada sebuah alat yang digunakan dalam sepatu. Benda ini bisa Anda dapatkan di podiatris, dokter, ahli kesehatan ataupun di toko sepatu.

Custom orthotics merupakan perangkat medis yang terbuat dari non-weight bearing mold (plaster cast) atau scan 3D kaki Anda. Alat ini dibuat untuk mengontrol keselarasan dan fungsi kaki dan tungkai bawah. Custom orthotics dapat mengatasi dan mengurangi tekanan yang menyebabkan cedera pada tulang, sendi, tendon dan ligamen.Sol yang dibuat khusus untuk kaki Anda dapat bertahan hingga 3 tahun. Jika Anda mengalami sakit pada kaki, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan podiatrist atau ahli penyakit kaki. Pastikan pula Anda mendapatkan sol alas kaki yang sesuai dengan jenis kaki Anda. Meski sepele, ternyata sol alas kaki tak kalah berharganya dengan alas kaki Anda bukan? Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Mengurangi Resiko Sakit dengan Berjalan Kaki

Beragam Cara Alami Menghilangkan Bau Kaki

Alas Kaki Terburuk Bagi Anda

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.menshealth.com dan duniafitnes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment