Ternyata Bunga Melati Berkhasiat Untuk Obat Lho!

dari manfaatbuahdaun.blogspot.com

dari manfaatbuahdaun.blogspot.com

Mungkin tak banyak yang tahu tentang khasiat bunga melati putih. Pada umumnya, bunga melati putih digunakan sebagai hiasan pengantin. Melati putih melambangkan keanggunan yang sederhana, kesucian, dan ketulusan. Melati putih juga melambangkan keindahaan dalam kesederhanaan dan kerendahan hati karena meskipun bunga melati itu wujudnya kecil, tetapi wanginya harum semerbak.

Melati merupakan bunga paling penting dalam upacara pernikahan di berbagai suku bangsa di Indonesia. Melati putih telah ditetapkan sebagai sebagai salah satu dari bunga nasional Indonesia atau “puspa bangsa” melalui undang-undang sejak 1990.

Dalam khasanah budaya Indonesia, melati hadir secara khusus dalam pernikahan dengan bentuk dironce untuk menghiasi rambut sang pengantin perempuan. Melati juga digunakan untuk menghiasi keris pengantin pria. Rangkaian ini terbuat dari kuncup bunga melati yang  belum mekar sepenuhnya. Bunga melati yang masih dalam bentuk seperti itu, dipetik, dikumpulkan kemudian dirangkai menjadi roncean yang indah.

dari istanailmuku43.blogspot.com

dari istanailmuku43.blogspot.com

Selain sebagai bunga penghias dalam upacara pernikahan, ternyata bunga melati juga memiliki khasiat sebagai obat. Rasa bunga melati adalah pedas manis. Simplisia yang terkandung dalam bunga melati dapat dipergunakan sebagai obat antiradang. Melati putih juga dapat merangsang keluarnya keringat (diaforetik), peluruh air seni (diuretik), dan melegakan nafas. Adapun akar pohon melati terasa manis, pedas, netral, dan agak beracun. Akar pohon ini dapat mematikan rasa atau sebagai anestesi dan dapat menghilangkan nyeri.  Penyakit yang dapat diobati oleh akar melati ialah luka-luka luar, seperti bengkak, nyeri karena patah tulang, sakit gigi, dan sakit kepala. Daun dan bunga melati putih dapat digunakan untuk mengobati flu, diare, demam, menghentikan ASI, dan bisul.

Cara menggunakannya ialah, untuk mengobati sakit kepala dan mengurangi masalah mata, Anda hanya perlu merendam bunga melati dalam minyak kelapa selama sehari kemudian saring. Setelah itu selama beberapa waktu kompres bunga tersebut pada kelopak mata Anda atau dahi Anda untuk meredakan saraf. Dengan demikianlah Anda dapat terhindar dari sakit kepala dan masalah mata.

Untuk menghindarkan diri dari hidung tersumbat atau flu, Anda hanya perlu mencium wangi melati. Apabila terkena luka luar, oleskan pasta bunga melati pada luka luar Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda manfaatkan dari bunga melati selain sebagai hiasan. Silahkan mencoba!

Artikel terkait

Hal yang Baik Dilakukan Setelah Olahraga

Fakta-fakta Menarik Tentang Keju

Tips Berwisata Kuliner Dengan Aman

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: id.wikipedia.org

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment