Tanaman Herbal untuk Melawan Kanker

Kunyit

Kunyit glutenfreecat

Sebagai negeri yang dikaruniai puluhan rempah dan tanaman herba, tentu kita akrab sekali dengan kuliner berbumbu rempah ataupun lezatnya minuman herba. Rendang misalnya. Salah satu ikon kuliner yang dikenal dunia ini juga tak lepas dari kombinasi rempah khas nusantara. Namun dibalik rasanya yang istimewa, beberapa rempah dan tanaman herba ini juga dikenal sebagai cancer fighting lho! Berikut beberapa diantaranya!

Yang pertama adalah kunyit. Selain dikenal sebagai salah satu komposisi jamu, kunyit juga kerap digunakan sebagai penghilang amis dan pewarna alami pada masakan. Kunyit juga mengandung cucurmin, sebuah senyawa aktif yang berfungsi sebagai antioksidan, anti inflamasi serta berpotensi melindungi diri terhadap perkembangan kanker. Kini studi terkait peran kunyit dalam mencegah serta mengobati beberapa jenis kanker juga sedang dipelajari. Menariknya lagi tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan khasiat alami dari kunyit.

Oiya, bawang putih juga dikenal sebagai cancer fighting lho! Selain memiliki kandungan sulfur yang tinggi, bumbu beraroma tajam ini juga merupakan sumber arginin, oligosakarida, flavonoid, dan selenium yang baik untuk kesehatan. Bawang putih juga dapat melindungi tubuh dari kanker dengan cara menghambat infeksi bakteri dan pembentukan zat penghambat kanker, meningkatkan perbaikan DNA, membantu mengurangi tekanan darah juga sebagai detoksifikasi tubuh.

Ada juga peppermint, tanaman persilangan hibrida alami antara mint air dan spearmint. Tanaman herba yang satu ini telah digunakan selama ribuan tahun untuk membantu masalah pencernaan, gejala sindrom iritasi usus besar, mengurangi gas, kram dan juga diare. Oiya, peppermint juga digunakan untuk menenangkan otot-otot perut serta sakit tenggorokan. Kini beragam produk minuman yang mengandung peppermint pun dapat dengan mudah ditemukan di pasaran, mulai dari teh hingga peppermint kering.

Teh Chamomile

Teh Chamomile teamajesty

Ada pula jahe. Jenis herba ini banyak diolah sebagai komposisi berbagai minuman, mulai dari wedang jahe, susu jahe, teh jahe hingga kopi jahe. Selain menghangatkan badan, jahe juga kerap digunakan untuk menghilangkan bau amis saat memasak ikan ataupun daging. Jahe juga telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, seperti untuk pengobatan flu dan sembelit. Selain itu, Anda juga dapat mencoba chamomile. Herba yang satu ini dapat membantu meringankan masalah tidur Anda. Chamomile sering dijadikan sebagai campuran teh. Teh chamomile dapat menjadi alternatif pelega tenggorokan yang dikonsumsi sebelum tidur. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Baca juga:

Makanan Pedas dan Testosteron

Apa Sih Manfaat Makanan Fermentasi?

Makanan Berlemak yang Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.dummies.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment