Suplemen Kalsium, Vitamin D, dan Risikonya untuk Pria Penderita Kanker Prostat

Penderita kanker prostat akan menjalani terapi hormon deplesi untuk kanker prostat. Jika penderita juga mengonsumsi kalsium dan vitamin D bersamaan saat sedang terapi, kedua suplemen tersebut dapat memperburuk keadaan.

minum obat

minum obat slideshare

Efek dari keduanya dapat meningkatkan risiko osteoporosis bagi si penderita kanker prostat. Sebab kedua suplemen tersebut di atas tidak dapat mencegah pengeroposan tulang dan bahkan hal ini bisa meyebabkan sakit jantung dan kanker prostat. Gary Schwartz, ahli epidemiologi kanker prostat di Wake Forest Baptis menyatakan, suplemen kalsium dan vitamin D terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker prostat secara agresif. Hal ini tentu saja harus dihindari selama dalam masa pengobatan kanker prostat.

Dalam studi untuk membuktikan pengaruh suplemen kalsium dan vitamin D pada penderita kanker prostat, peneliti mengumpulkan 2.400 pria yang secara klinis terbukti mengidap kanker prostat. Para peneliti melakukan 12 uji klinis dengan suplemen tersebut. Para peneliti juga memeriksa keadaan hormon, kepadatan mineral dalam tulang selama sebelum dan setelah perawatan.

Menurut hasil penelitian, orang-orang yang menjalani terapi hormon deplesi untuk kanker prostat direkomendasikan untuk mengonsumsi juga suplemen kalsium dan vitamin D. Ternyata hasil penelitian juga menyatakan, mengonsumsi keduanya ketika sedang dalam masa perawatan justru membuat pasien bisa kehilangan kepadatan tulang.

Kanker Prostat

Kanker Prostat graha-xamthone

Para peneliti menunjukkan bahwa tidak semua pria penderita kanker prostat perlu untuk diterapi hormon. Terapi ini perlu dilakukan apabila mereka sudah memiliki risiko tinggi terhadap penyakit lainnya. Disarankan agar pasien selalu berdiskusi dengan dokter bagaimana cara terbaik untuk mengurangi beberapa risiko berkelanjutan tersebut.

Sebelum segalanya memburuk, lebih baik Anda menjaga kesehatan. Caranya mudah, jadwalkan untuk olahraga cukup dan makan makanan sehat yang mengandung gizi tinggi termasuk kalsium yang diperlukan oleh tubuh.

Agar Anda tidak salah memperhitungkan kebutuhan Anda, berdiskusi dengan ahli adalah cara terbaik. Memiliki referensi dari majalah dan jurnal terpercaya juga merupakan jalan yang tepat.

Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

6 tanda-tanda pasangan seks yang sempurna

5 manfaat sehat dari tomat

Tips agar anak-anak siap kembali sekolah pasca liburan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber:  health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment