Sumber Pertama Virus MERS

MERS

MERS voaindonesia

Beberapa waktu ini virus Middle-East Respiratory Syndrome (MERS) menjadi salah satu topik hangat yang kerap disorot media. MERS merupakan penyakit yang disebabkan oleh beta coronavirus MERS-CoV. Penyebaran virus ini tidak hanya terjadi di kawasan Timur Tengah saja, namun juga terjadi di berbagai negara lainnya termasuk Indonesia. Ada dua orang jemaah umrah dari Medan dan Bali yang diduga meninggal dunia akibat MERS.

Penyakit yang mewabah sejak tahun 2012 yang lalu itu kini mulai marak dibicarakan lagi. Pasalnya bulan Mei yang lalu wabah ini ditemukan di kawasan Korea Selatan. Bahkan ribuan wisatawan asal Indonesia pun mengurungkan niatnya untuk berkunjung ke negeri K-Pop itu. Sejak boomingnya K-Pop ataupun K-Drama di berbagai negara termasuk di Indonesia, Korea Selatan memang menjadi incaran banyak wisatawan domestik.

Virus MERS diketahui berasal dari unta muda berpunuh satu (unta dromedari) yang berusia kurang dari empat tahun. Dari penelitian yang dipaparkan dalam jurnal ilmiah Emerging Infectious Diseases menunjukkan bahwa 90% unta muda terinfeksi pada usia dua tahun. Dibandingkan dengan unta dewasa, penularan virus MERSnya pun lebih sering ditemukan pada anak unta.

Para peneliti menduga virus ini menular pada manusia melalui kontak fisik. Salah satu kontak fisik terjadi saat unta muda baru dipisahkan dari induknya. Selain itu infeksi virus MERS juga dapat terjadi akibat meminum susu unta yang belum dipasteurisasi. Hal ini dapat terjadi jika virus menempel pada puting induk unta yang menyusui unta muda terinfeksi MERS. Selain itu kontak dengan unta dapat terjadi saat mencium unta ataupun menyentuh hidung unta lalu menyentuh muka sendiri.

MERS

MERS internasional.metrotvnews

Karena penularannya melalui kontak fisik, seseorang yang terinfeksi MERS dapat menularkannya pada orang terdekat yang pernah melakukan kontak fisik dengan penderita. Pasien dapat menularkan pada keluarga, perawat, dokter ataupun petugas medis lainnya. Terutama bagi mereka yang kurang paham dengan cara penularan virus MERS itu sendiri. Salah satu langkah pencegahan yang dapat dilakukan adalah memakai masker saat berada di tempat umum.

Baca juga:

Hindari Menaruh HP di Sekitar Tulang Selangka Ya!

Kesalahan Cara Mengkonsumsi Protein

Beragam Informasi Menarik Seputar Energy Bar

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.bbc.com, travel.detik.com, www.academia.edu

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment