Sudah Benarkah Cara Mencuci Tangan Anda?

Mencuci Tangan

Mencuci Tangan cultofmac

Mencuci tangan merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan sebelum memulai mengkonsumsi sesuatu, baik itu sekedar snack ataupun makan besar. Meski merupakan hal kecil, namun manfaat cuci takan tak bisa dipandang sebelah mata. Mencuci tangan ibarat benteng pertama yang dapat dilakukan untuk mengurangi penyakit infeksi, seperti influenza, diare, radang selaput mata bening dan yang lainnya.

Selain dilakukan sebelum makan, ada beragam kegiatan lain yang wajib diakhiri dengan mencuci tangan. Beberapa diantaranya tidak lain ketika kita hendak atau selesai memasak. Apalagi jika Anda memasak makanan berbahan dasar daging ataupun ikan. Menjaga kebersihan tangan saat memasak akan meminimalisir terjadinya kontaminasi silang pada makanan. Selain itu Anda juga wajib mencuci tangan saat selesai melakukan aktivitas dari kamar mandi, baik itu buang air kecil ataupun buang air besar. Oiya, mencuci tangan juga diperlukan usai mengganti popok pada anak lho ya!

Mencuci tangan juga perlu dilakukan usai bepergian ataupun melakukan beberapa kegiatan seperti mengeluarkan ingus, bersin ataupun batuk. Meski jarang atau belum umum dilakukan sejatinya mencuci tangan juga wajib dilakukan ketika menjenguk bayi, baik di rumah sakit atau ketika telah dibawa pulang ke rumah. Hal ini sama pentingnya dengan mencuci tangan sebelum ataupun sesudah mengunjungi orang saki, beberes rumah, membuang sampah ataupun menyentuh binatang peliharaan.

Pencegahan yang maksimal hanya dapat dilakukan dengan tata cara mencuci tangan yang benar. Mencuci tangan bukan hanya sekedar mengambil sabun lalu menggosokkannya ke tangan saja. Namun juga memerlukan beberapa teknik khusus untuk memaksimalkan fungsi pembersihan pada sela-sela tangan. Setelah membasahi tangan dengan air mengalir, ambil sabun secukupnya lalu gosokkan pada kedua punggung dan telapak tangan. Selanjutnya gosok diantara sela-sela jari.

Mencuci Tangan

Mencuci Tangan huffingtonpost

Setelah itu rapatkan kedua tangan dengan dengan jari tangan berada di atas. Gosok tekukan jemari ke telapak tangan, jemari tangan kanan ke telapak tangan kiri dan sebaliknya. Selanjutnya gosok ibu jari tangan kiri dengan genggaman tangan kanan secara berputar dan sebaliknya. Jangan lupa untuk menggosokkan kuku jari memutar di atas telapak tangan kiri, begitu pula sebaliknya. Aktivitas terakhir ini berguna untuk membersihkan kotoran pada kuku. Namun demikian Ada perlu ekstra hati-hati jika memiliki kuku yang panjang. Selanjutnya basuh tangan dengan air mengalir, lalu keringkan dengan tisu. Gunakan tisu ini untuk mematikan keran. Sudah benarkah cara mencuci tangan Anda?

Baca juga:

Perlukah Mencuci Pakaian Baru Anda?

Seberapa Sering Harus Mencuci Handuk?

Tips Membersihkan Sisir dan Alat Perawatan Rambut Lainnya

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment