Stres dan Produktivitas Bisa Sejalan

photo from www.wired.co.uk

photo from www.wired.co.uk

Apakah stres dan produktivitas bisa berjalan berdampingan ? Jawabannya bisa. Kalau Anda masih belum bisa melakukannya, mungkin Anda perlu ganti strategi.

Mengenali tubuh sendiri juga perlu pendekatan yang jitu. Mengganti pola pikir adalah hal yang paling penting. Lupakan stigma “lebih banyak pekerjaan, lebih stres, maka lebih sukses”. Sebaliknya, orang yang paling dapat menyesuaikan kapasitas diri dengan keadaanlah yang akan sukses.

photo from www.smh.com.au

photo from www.smh.com.au

Dunia memang seperti panggung sandiwara, Anda harus tahu peran serta fungsinya masing – masing. Misalnya, sebagai wanita karir, anggota keluarga, anggota masyarakat, dan diri sendiri. Ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui serta menyeimbangkan kewajiban dan hak Anda.

Mulutmu, harimaumu. Pepatah lama itu benar sekali. Setiap kata yang keluar dari mulut adalah mantra. Hindari penggunaan kata bermakna pesimis yang hanya akan membebani Anda seperti, “Aduh, saya stres berat!” Lebih baik gunakan kata bernada optimis dan memotivasi Anda untuk menemukan solusi. Contohnya, “Minggu ini tampaknya jadwal akan padat. Agar bisa selesai dengan baik, apa yang bisa saya lakukan ya?”

Jawablah pertanyaan tersebut dengan menyusun semua kegiatan Anda di agenda. Kemudian, susun skala prioritas untuk mencegah Anda membuang waktu melakukan kegiatan yang tidak perlu.

photo from wholehumanpllc.com

photo from wholehumanpllc.com

Jangan lupa setelah kewajiban selesai, Anda juga berhak untuk bersenang – senang, misalnya menyalurkan hobi. Selain membuat Anda lebih produktif, perasaan senang yang timbul juga menghindarkan tubuh Anda dari penurunan simpanan kalsium, copper, dan zinc yang diakibatkan oleh stres.

Selain menyalurkan hobi, Anda juga bisa hang out bersama teman – teman. Professor Robin Dunbar dari Oxford University mengklaim bahwa pria setidaknya dalam dua kali seminggu harus bertemu empat temannya dan bermain bersama. Penelitian Dunbar menyatakan bahwa pria yang tetap menjalin kehidupan sosial cenderung lebih sehat, cepat sembuh dari penyakit dan lebih dermawan. Thumbs up !

Artikel lainnya :

Yang Jangan dan yang Harus Dilakukan Saat Stres

Benda – benda kotor di sekitar Anda !

Meredakan Penyakit Tanpa Obat

Beragam Pertanda Anda Harus Mulai Merubah Penampilan

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : womenshealth magazine

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment