Stop Menggunakan Minyak Goreng Berulang Kali!

 ews.kemendag.go.id

ews.kemendag.go.id

Gorengan merupakan salah camilan yang disukai jutaan penikmatnya di seluruh penjuru negeri. Meski nikmat dikonsumsi bersama dengan nasi hangat ataupun teh manis panas, ternyata mengkonsumsi banyak gorengan dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Namun demikian ada sebuah cara yang dapat meminimalisir efek buruk mengkonsumsi gorengan. Cara tersebut tidak lain adalah menghindari penggunaan minyak goreng secara berulang.

Meski sudah sering muncul sebagai headline di media massa dan beragam stasiun televisi, jelantah, sebutan untuk sisa minyak goreng yang telah digunakan ini masih saja digunakan untuk melakukan proses penggorengan hingga terkadang minyak warna menjadi pekat. Dengan alasan menghemat budget, jelantah masih sering digunakan oleh masyarakat ekonomi kelas bawah. Tak jarang pula penjual gorengan yang tersebar di berbagai sudut kota juga melakukan hal yang sama. Menggunakan jelantah hingga berulang kali.

Padahal penggunaan jelantah secara berulang berpotensi mengakibatkan oksidasi dan hidregonisasi pada minyak. Makanan yang digoreng menggunakan jelantah juga berpotensi menimbulkan peradangan dan kerusakan sel tubuh yang ditengarai berpotensi menyebabkan diabetes. Hal ini didukung dengan adanya sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetologia yang menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan dengan teknik masak digoreng secara rutin sebelum fase kehamilan memiliki resiko yang lebih tinggi terkait penyakit diabetes gestational.

 www.republika.co.id

www.republika.co.id

Diabetes gestational merupakan jenis diabetes yang ditemukan pada fase awal kehamilan. Menariknya lagi jika menelisik terdapatnya hubungan antara konsumsi gorengan di luar rumah dengan resiko lebih tinggi timbulnya diabetes gestational. Sudah bukan menjadi rahasia umum bukan jika masih saja ada penjual gorengan yangn menggunakan minyak goreng hingga berkali-kali. Salah satu cara mendapatkan gorengan dengan minyak goreng satu atau dua kali pakai yang membuat sendiri gorengan yang sedang diidamkan bukan? Penelitian yang melibatkan 15.000 wanita dengan melihat Indeks Massa Tubuh ini menunjukkan hasil bahwa wanita yang mengkonsumsi 7 atau lebih gorengan dalam seminggu memiliki resiko terkena diabetes gestational sebesar 88% jika dibandingkan dengan wanita yang hanya mengkonsumsi gorengan satu kali saja dalam seminggu. Bagaimana ladies, tertarik untuk mengurangi konsumsi gorengan mulai saat ini juga bukan? Stay healthy ya!

Kunjungi juga:

Infused Water, Cara Baru Menikmati Air Putih dengan Cara yang Menyenangkan

Cemal-Cemil Buah Naga, si Lezat Yang Kaya Manfaat

13 Makanan yang Harus Dihindari Ketika Mendapatkan Jerawat

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment