Smartphone Bisa Jadi Sumber Penyakit Berbahaya ! Begini Cara Mencegahnya

| Posted : 24 Mar 2016 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Smartphone

Smartphone pixabay

Seiring dengan perkembangan teknologi, smartphonemerupakan benda yang  tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.  Maklum saja, kini fungsi smartphone terbilang cukup mumpuni. Mulai untuk sekedar berkomunikasi, menikmati musik hingga mengabadikan moment pada suatu waktu.

Meski demikian, tidak semua orang menyadari bahwa smartphone merupakan salah satu benda yang sangat kotor. Pasalnya tidak semua orang sadar akan kebersihan tangan saat menyentuh ponsel. Belum lagi kebiasaan membawa smartphone bahkan saat sedang beraktivitas di toilet. Bahkan tidak jarang ada yang sampai menjatuhkan ponsel saat berada di toilet.

Pada kenyataannya, umumnya toilet akan dibersihkan secara reguler, namun tidak demikian dengan ponsel. Karena itulah ada yang menyebut bahwa smartphonemerupakan benda paling kotor, bahkan melebihi toilet sekalipun. Selain mengotori tangan, kuman atau bakteri pada smartphone dapat menyebabkan beberapa penyakit. Apalagi jika saat menyentuh wajah ataupun makan tidak didahului dnegan mencuci tangan.

Salah satu bakteri yang banyak terdapat di samartphone yang kotor adalah Escherichia coli. Satu jenis bakteri yang secara alami ada pada usus. Meski pada kondisi alami terdapat pada usus, Escherichia coli bisa terdapat pada smartphoneketika Anda memegang smartphone dengan kondisi tangan yang kotor, seperti saat selesai buang air besar dnegan kondisi tangan yang tidak dicuci bersih. Bakteri ini juga dapat menempel pada smartphone ketika smartphoneditempatkan pada tempat yang kurang bersih.

Ada lagi Staphilococus aureus, jenis bakteri yang dapat menyebabkan jerawat, bisul, radang paru hingga meningitis atau radang selaput otak. Bakteri ini dapat menempel pada smartphonememalui beberapa cara seperti saat tangan penderita yang terkontaminasi menyentuh smartphone Anda atau saat air liur penderita yang sedang menelpon terpercik di smartphone Anda.

Smartphone

Smartphone pixabay

Dengan cara yang sama, yaitu percikan air liur, smartphone Anda dapat terkontaminasi oleh bakteri haemophilus influenza. Jenis bakteri yang dapat menyebabkan radang telinga, infeksi saluran pernafasan hingga radang sendi ataupun meningitis. Untuk meninimalisir kuman yang berada di permukaan ponsel, sebaiknya bersihkan smartphone Anda secara rutin dengan kapas beralkohol. Selain itu usahakan untuk mencuci tangan baik sebelum ataupun sesudah menggunakan smartphone ataupun handphone Anda.

Baca juga:

Menelisik Resiko Penggunaan Headset Bagi Telinga

Dampak Buruk Kecanduan Pornografi

Kebiasaan di Pagi Hari yang Mampu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment