Setelah Berolahraga Sebaiknya Minum Air Panas Atau Air Dingin Ya?

| Posted : 29 Apr 2016 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Air Hangat

Air Hangat topnaturalremedies.net

Olahraga merupakan slaah satu cara untuk menjaga kesehatan dan juga berat badan. Usai olahraga biasanya orang akan kembali mengisi cairan tubuh dengan minum. Nah, usai olahraga baiknya kita minum air panas atau dingin ya? Masih bingung juga? Yuk cek segera penjelasan lengkapnya berikut ini!

Selain otot yang berkontraksi dan pembuluh darah menjadi lebih lebar olahraga akan menyebabkan aliran darah menjadi lebih cepat. Metabolisme yang meningkat saat olahraga membuat tubuh harus bekerja lebih keras lagi untuk menyuplai oksigen dan energi juga ke seluruh tubuh. Salah satu peningkatan metabolisme akan keluar dalam bentuk keringta. Hal inilah yang menjadi penyebab berkurangnya cairan tubuh usai olahraga.

Karea itulah minum merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan usai berolahraga. Terkait hal ini, ada sebuah mitos yang cukup populer yang menyatakan bahwa mengkonsumsi air dingin usai berolahraga dapat membahayakan tubuh. Padahal tidak ada kasus medis berbahaya yang ditemukan sehubungan dengan pilihan minum air panas ataupun dingin usai berolahrga.

Berdasarkan sebuah penelitian didapatkan fakta menarik terkait hal ini. Bahwa orang yang mengkonsumsi air es usai olahraga akan cenderung lebih sedikit minum. Pembanding dalam hal ini adalah mereka yang minum air dingin usai berolahraga. Dari hasil penelitian inilah disimpulkan bahwa air es tidak disarankan diminum usai berolahraga. Ditakutkan mengkonsumsi air es usai olahraga dapat menyebabkan dehidrasi.

Bahkan jika dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi air hangat, ternyata mereka yang minum air dingin usai berolahraga dapat meningkatkan durasi olahraga sebesar 11%. Selain dapat meningkatkan volume air di dalam tubuh, air dingin juga dapat menurunkan suhu tubuh yang meningkat ketika berolahraga.

Air Es

Air Es www.today.com

Menariknya lagi, minum air dingin usai berolahraga juga dapat membuat denyut jantung menjadi lebih rendah dan teratur serta mampu membuat tubuh terasa segar dalam waktu yang lebih lama. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Baca juga:

Kebiasaan Sepele yang Dapat Menggagalkan Diet Anda

Mengenal Revolusi Kesehatan Bernama Detox Diet

Daftar Bahan Pangan yang Direkomendasikan Oleh Ahli Diet

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment