Seluk Beluk Obat Kumur

| Posted : 31 Aug 2015 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Ilustrasi Obat Kumur

Ilustrasi Obat Kumur 123dentist

Bagi sebagian orang, berkumur obat kumur merupakan salah satu aktivitas yang senantiasa dilakukan setelah menggosok gigi. Selain menyegarkan nafas, obat kumur juga dipercaya mampu meminimalisir resiko bau mulut. Berdasarkan bahan aktif pembuatannya, obat kumur dibagi menjadi beberapa kelompok. Ada obat kumur yang mengandung bahan aktif mikrobia, flouride, garam dan ada juga yang mengandung bahan penghilang bau. Simak info selengkapnya yuk!

Obat kumur dengan bahan aktif mikrobia berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan bakteri di mulut, pengurang plak, meminimalkan keparahan radang gusi (gavingitis) serta menghilangkan nafas yang tidak sedap. Obat kumur yang dipersenjatai dengan bahan aktif flouride memiliki fungsi utama untuk mengurangi lubang kecil pada anamel. Selain itu flouride juga diklaim mempu mencegah kerusakan gigi. Karena beragam manfaat inilah kita sering menyaksikan komposisi ini ada dalam obat kumur.

Selain itu ada juga obat kumur yang diberi tambahan bahan aktif berupa garam. Meski terdengar sepe;e, garam dapat berfungsi untuk menghilangkan bau nafas yang tidak sedap lho! Oiya, bahan penghilang bau juga bisa dijadikan bahan aktif dalam obat kumur. Sesuai dengan namanya, bahan ini merupakan bahan kimia yang mampu menetralisasi bau mulut.

Meski menawarkan beragam manfaat, obat kumur juga tidak lepas dari perbedebatan. Ada sebagian pihak yang menyatakan bahwa obat kumur memiliki banyak manfaat, namun di sisi lain ada pula pihak yang menganggap bahwa obat kumur memiliki efek buruk bagi kesehatan. Beberapa efek buruk yang dimaksud antara lain dapat membuat sariawan menjadi semakin sakit, utamanya jika obat kumur memiliki kandungan alkohol berlebih.

Selain itu obat kumur hanya dianggap sebagai penyegar napas dalam jangka pendek sehingga dianggap tidak memberi efek positif bagi kesehatan mulut yang buruk. Selebihnya, ada beberapa pihak yang menilai bahwa obat kumur memiliki banyak manfaat seperti mencegah gigi berlubang. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, obat kumur dengan kandungan flouraide dianggap mampu mengurangi demineralisasi dan kavitasi pada gigi.

Obat Kumur

Obat Kumur curejo

Obat kumur juga dinilai mempu mencegah penyakit-penyakit yang dapat menyerang gusi. Obat dengan bahan aktif alkohol chlorhexidine misalnya yang ditengarai mampu membantu mencegah periodontal. Selain itu ada klaim yang menyatakan bahwa obat kumur memiliki peran yang cukup signifikan dalam hal menurunnya resiko ibu hamil melahirkan bayi prematur dan berat badan rendah. Kenapa? Obat kumur memungkinkan ibu hamil untuk terhindar dari resiko terkena penyakit gusi yang parah. Sakit gusi yang parah inilah yang dinilai sebagai pemicu gangguan kehamilan dalam kasus di atas. Meski sudah menggunakan obat kumur, jangan lupa untuk gosok gigi ya!

Baca juga:

Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Yuk Kenali Beragam Hal Penyebab Bau Mulut!

Info penting Seputar Body Piercing

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.alodokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment