Selain Mengontrol Berat Badan, Diet Kaya Protein Juga Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur Anda!

Makanan Berprotein

Makanan Berprotein pixabay

Protein merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dipilih orang untuk menjaga berat badan. Meski menawarkan kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi, namun jika dibandingkan dengan karbohidrat maka efek kenyang makan protein terasa jauh lebih lama. Berbagai alasan tersebut semakin menguatkan bahwa protein merupakan salah satu bahan makanan yang baik untuk diet.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Wayne W. Campbell, profesor ilmu nutrisi di Purdue University menunjukkan bahwa selain membuat berat badan lebih ideal, diet kaya protein juga dapat membantu seseorang untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan bertambahnya berat badan. Selain seseorang menjadi lelah, kurang tidur juga dapat meningkatkan hormon lapar.

Saat melakukan diet protein, sumber protein dapat diperoleh dari tumbuhan maupun hewan. Meski demikian apapun diet pilihan Anda tetap harus disesuaikan dengan kemampuan tubuh serta riwayat kesehatan Anda. Untuk mengetahui jenis diet terbaik Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi yang terpercaya.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, ada beberapa kunci penting yang perlu diperhatikan saat mengikuti diet tinggi protein. Salah satunya tidak lain adalah jumlah protein yang dikonsumsi. Dalam sebuah penelitian didapatkan hasil bahwa kelompok yang mngkonsumsi protein sebesar 30% berhasil mendapatkan tidur yang berkualitas. Dalam hal ini pembandingnya adalah kelompok orang yang mengkonsumsi protein sebesar 10 dan 20% dari total makanan yang dikonsumsi.

Lebih lanjut lagi, dalam penelitian ini juga dibandingkan antara kelompok yang mengkonsumsi protein dengan kadar normal dengan kelompok yang mengkonsumsi protein dengan kandungan yang lebih tinggi. Setelah dilakukan selama 4 bulan, ditemukan fakta bahwa penderita susah tidur di kelompok yang mengkonsumsi protein lebih tinggi mengalami pengurngan. Hal ini tidak terjadi pada kelompok lainnya.

Telur

Telur pixabay

Ternyata penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa neurotransmitter otak ataupun penanda biologis pada tubuh lain yang berhubungan dengan siklus tidur dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Nah kadar protein yang tinggi dapat memengaruhi level insulin dan peredaran asam amino dalam tubuh. Kedua hal tersebut ternyata berpengaruh pada tingkat serotonin dan melatonin yang erat kaitannya dengan kualitas tidur Anda. Bagaimana dengan kualitas tidur Anda?

Baca juga:

Mengunyah Makanan Secara Pelan Dapat Mengurangi Porsi Makan !

Hormon yang Berkaitan Erat dengan Penurunan Berat Badan

Chia Seed, Alternatif Baru untuk Penurunan Berat Badan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: lifestyle.okezone.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment