Sehat dengan Makanan Tinggi Serat

Kacang Merah

Kacang Merah northbaytrading

Berat badan ideal merupakan dambaan sebagian besar orang. Untuk mempertahankan berat badan ideal, seseorang akan berusaha menerapkan gaya hidup sehat. Terkait hal ini, tentu konsumsi serat masuk dalam daftar menu harian yang wajib dikonsumsi. Anda dapat mengkonsumsi serat melalui buah, sayuran, salad ataupun makanan tradisional seperti pecel dan trancam.

Idealnya Anda memperoleh 35 hingga 30 gram serat setiap harinya. Karena serat memiliki sifat mengenyangkan, maka otomatis Anda juga akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Selain dapat menjaga sistem pencernaan dengan baik, serat juga terbukti mengurangi resiko terjadinya kanker payudara dan usus. Salah satu cara efektif mengkonsumsi serat dapat dilakukan dengan menikmati makanan tinggi serat. Berikut ini merupakan top 5 makanan tinggi serat yang dapat Anda nikmati!

Pertama kita akan membahas buah. Selain mudah dikonsumsi, buah dapat kita jadikan bekal sehat kemanapun kaki melangkah. Alpukat misalnya. Buah yang satu ini dapat dinikmati sebagai tambahan salad ataupun dijadikan jus buah yang segar. Setengah cangkir alpukat menawarkan serat sebesar 6,7 gram. Menariknya lagi, selain tinggi serat, alpukat juga dikenal sebagai sumber lemak sehat yang dapat membantu mengurangi perut gembung.

Buah tinggi serat lainnya adalah pir. Jika rasa lapar datang sebelum jam makan tiba, mengkonsumsi buah kaya kalium berukuran sedang dapat menjadi camilan yang menarik. Pasalnya buah ini menawarkan lebih dari 100 kalori dengan jumlah serat sebesar 5,5 gram.

Selain itu masih ada raspberi. Selain kaya akan vitamin C dan antioksidan, satu cangkir raspberi hanya mengandung 64 kalori saja. Selain akan menyegarkan untuk dikonsumsi sehari-hari, buah ini juga dapat ditambahkan dalam jus ataupun muffin favorit Anda. Meski rendah kalori, namun dalam secangkir raspheri menawarka kandungan serat yang cukup tinggi yaitu 8 gram.

Beralih ke sayuran, salah satu sayur yang dikenal kaya serat adalah brokoli. Selain mengandung kalsium, dalam satu cup brokoli mengandung 5,1 gram serat. Selain dikukus atau dimasukkan dalam sayur, brokoli juga dapat dibuat jus segar ataupun brokoli goreng yang yummy.

Pir

Pir reddit

Jika bosan dengan brokoli, Anda dapat beralih dengan menu yang terbuat dari kacang merah. Selain rendah lemak,kacang merah juga mengandung protein dan potasium. Menariknya lagi, dalam setengah cangkir kacang menawarkan kandungan serat yang cukup tinggi yakni 10 gram. Bagaimana dengan konsumsi serat hari ini? Adalah satu diantara lima makanan ini yang masuk dalam menu Anda?

Baca juga:

Menyiapkan Sarapan yang Sehat

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Rahasia Makan Sehat di Luar Rumah

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.popsugar.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment