Seberapa Sering Harus Mencuci Handuk?

Handuk

Handuk mediterraneanlinens

Handuk merupakan salah satu kebutuhan mendasar setiap orang lintas usia. Seseorang dapat memiliki beberapa handuk sekaligus dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada handuk badan, handuk wajah, ada pula yang memiliki handuk khusus untuk aktivitas di toilet. Dibandingkan dengan handuk, umumnya pakaian sehari-hari lebih sering dicuci. Selain lebih cepat kering, umumnya pakaian tersebut dianggap kotor setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Sebuah studi di University of Arizona tahun 2014 yang lalu menemukan 89% lap dapur mengandung bakteri koliform. Karena inilah idealnya lap dapur segera dicuci setelah digunakan. Seperti yang telah diketahui bersama, bakteri koliform merupakan jenis bakteri yang ditemukan pada saluran pencernaan manusia. Bakteri koliform juga digunakan sebagai penentu kualitas air. Jadi jangan pernah menyepelekan kebersihan kain serbet Anda ya!

Dengan fakta demikian, bisa dibayangkan berapa banyak bakteri yang terkandung dalam handuk yang digunakan setiap hari. Kalau yang digunakan untuk memasak saja dapat memiliki kandungan koliform yang demikian tinggi, bisa dibayangkan kebersihan handuk yang kerap dipakai untuk mengeringkan bagian tubuh usai beraktivitas di toilet bukan? Pakar kesehatan menganjurkan untuk mencuci handuk mandi Anda setelah tiga kali pemakaian.

Handuk

Handuk shophampton

Sebaiknya Anda juga memiliki dan membedakan handuk untuk badan, handuk untuk keperluan di toilet dan handuk khusus untuk wajah. Hal ini sangat bermanfaat untuk meminimalisir resiko yang dapat menganggu kesehatan kulit muka. Jika Anda tidak melakukannya, maka aktivitas mengelap wajah seusai dibersihkan dapat menjelma menjadi perantara mudah untuk menempelkan kembali kotoran dan bakteri pada kulit muka. Hiiii!

Para ahli menyarankan untuk mencuci handuk wajah dan pakaian setiap kali digunakan. Namun demikian, waktu pencucian tentu bergantung pada frekuensi pemakaiannya. Jika Anda hanya menggunakan handuk wajah untuk mengeringkan wajah yang telah dibersihkan, maka Anda dapat menggunakan handuk muka hingga beberapa kali pemakaian. Namun jika Anda menggunakan handuk muka untuk menghapus make up, tentu pencucian handuk wajib untuk segera dilakukan. Begitu pula dengan pakaian sehari-hari yang digunakan. Bagaimana dengan handuk dan pakaian Anda?

Baca juga:

4 Mitos Menarik Seputar Bra

Cara Benar Mencukur Rambut Kemaluan

Benarkah Tidur Telanjang itu Lebih Sehat?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.huffingtonpost.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment