Sebelum Membeli, Kenali Dulu Jenis Obat Batuk Berikut Ini!

Batuk

Batuk keralaayurveda.biz

Batuk merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita banyak orang. Untuk menjawab kebutuhan pasar, kini obat batuk pun sangat mudah ditemukan di berbagai apotek terdekat. Namun sudahkah Anda mengenali jenis obat batuk dengan seksama sehingga bisa memilih obat yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Kalau belum, jangan lewatkan informasi menarik berikut ini! Cara memilih obat batuk sesuai kebutuhan.

Satu yang perlu dipahami, tidak semua obat batuk membutuhkan pengobatan. Pada umumnya batuk bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, utamanya batuk yang disebabkan oleh flu. Meski demikian, jenis batuk ini bisa sangat menganggu aktivitas ataupun waktu istirahat Anda. Sesuai dengan namanya, obat batuk dapat membantu meredakan gejala batuk yang sedang timbul.

Obat batuk ada yang bisa dibeli di apotek tanpa resep dokter, namun ada pula yang harus dibeli dengan resep dokter. Terkait hal ini, ada dua jenis obat batuk yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Pertama adalah antitusif. Antitusif bekerja dengan cara menekan refleks batuk. Umumnya obat batuk antitusif mengandung dexomethorphan yang hanya digunakan untuk jenis batuk kering tanpa dahak.

Saat ini obat dexomethorphan tidak dapat dibeli secara terpisah. Namun sudah dalam bentuk kombinasi dengan obat antihismatin dan atau dekongestan. Konsumsi antihistamin memiliki efek samping seperti pusing dan mengantuk, sedangkan dekongestan bertindak sebagai stimulan dan dapat meningkatkan denyut nadi yang membuat seseorang sulit tidur. Karena itulah Anda wajib melihat jenis obat sebelum membelinya. Minum sesuai dengan petunjuk dan aturan yang tertera. Jangan lupa baca juga efek samping yang ditimbulkan.

Jenis obat kedua adalah ekspektoran. Karena cukup sering diiklankan di televisi, ada kemungkinan baik istilah antitusif ataupun ekspektoran tidak asing lagi bagi Anda. Ekspektoran bekerja dengan cara mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran nafas. Jika Anda mengalami batuk berdahak, jangan lupa untuk mengkonsumsi lebih banyak air putih ya! Air putih dapat membantu mengencerkan dahak.

Batuk

Batuk abcnews.go.com

Selain itu ada pula jenis obat batuk kombinasi. Sesuai dengan namanya, obat batuk ini memiliki banyak fungsi. Selain dapat mengurangi keluhan batuk, obat batuk kombinasi juga bermanfaat untuk sakit pilek dan tenggorokan. Jadi jangan salah pilih obat batuk lagi ya!

Baca juga:

Aneka Makanan Sehat untuk Kulit Anda

Benarkah Tempe Mampu Mencegah Anemia?

Cara Menghitung Body Mass Index (BMI)

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: klikdokter.com dan www.amazine.co

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment