Jangan Anggap Remeh, Ini Resiko Kesehatan yang Mengintai Saat Menggunakan Korset

| Posted : 29 Apr 2016 | Tips Sehat No comments
Korset

Korset pixabay

Menggunakan korset merupakan salah satu hal yang masih banyak dilakukan wanita yang mendambakan tubuh deal. Kerap kali korset dilihat sebagai efek cara instan untuk menurunkan berat badan. Padahal penggunaan alat yang satu ini dapat menimbulkan efek samping pada tubuh.

Seiring dengan perkembangan jaman, kini korset telah banyak mengalami modifikasi, mulai dari bahan hingga variasi model itu sendiri. Sayangnya penggunaan korset ini akan memaksa perut menjadi lebih ramping dari ukuran yang sesungguhnya dengan cara mendistribusikan lemak perut ke arah samping.

Meski saat mengenakan korset tubuh akan terihat lebih langsing, namun usai digunakan tubuh akan kembali ke bentuk semula. Karena itulah mengenakan korset saja tidak akan dapat menghilangkan sel lemak dalam tubuh. Hanya saja pemakaian korset yang ketat akan mencegah perut menjadi mengembang. Akibatnya saat sedang makan, perut akan jadi lebih cepat kenyang. Asupan makanan yang berkurang diharapkan dapat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan.

Sayangnya hasil penelitian yang dipublikasikan di Scandinavian Journal of Primary Health Care pada tahun 2010 lalu menyebutkan fakta yang cukup mencengangkan. Tidak ada pemakaian perbedaan antara subyek penelitian yang menggunakan korset selama 12-16 jam per hari dengan yang tidak mengenakan korset. Ini berarti penggunaan korset tidak dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

Selain fakta tersebut, mengenakan korset kerap kali menimbulkan efek tidak nyaman pagi para penggunanya. Karena alasan tersebut, beberapa subjek penelitian bahkan berhenti mengenakan korset sebelum penelitian dinyatakan selesai. Saat tubuh mengenakan korset, secara otomatis tubuh dipaksa untuk ramping dalam jangka waktu tertentu. Tekanan diafragma saat mengenakan korset dapat membuat seseorang menjadi sulit untuk bernafas.

Jika kesulitan bernafas ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka lama-kelamaan nafas Anda dapat menjadi pendek dan tidak efektif. Jika hal ini terjadi Anda dapat menjadi lebih mudah tersengal-sengal saat beraktivitas. Selain itu tekanan ynag berlebih pada tubuh dapat menyebabkan lebam pada kulit ataupun kerusakan organ. Seperti yang telah banyak diketahui, di dalam perut terdapat berbagai organ pentih tubuh mulai dari sistem pencernaan, pernafasan hingga sistem pembuangan.

Korset

Korset pixabay

Saat menggunakan korset akan terjadi tekanan yang esktrim di area perut. Akibatnya saat makan orang tersebut akan lebih mudah muntah sehingga akan rentan terkena bulimia. Nah!

Baca juga:

Kebiasaan Sepele yang Dapat Menggagalkan Diet Anda

Mengenal Revolusi Kesehatan Bernama Detox Diet

Daftar Bahan Pangan yang Direkomendasikan Oleh Ahli Diet

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment