Porsi Pas Konsumsi Karbohidrat

Contoh Karbohidrat

Contoh Karbohidrat pixabay

Karbohidrat merupakan salah satu nutrien yang kerap dikurangi saat seseorang sedang menjalankan diet. Bagi mereka yang sedang menjalani diet tentu sudah tidak asing lagi mendengar cerita terkait diet karbo. Salah satu jenis diet yang dilakukan untuk membatasi konsumsi karbohidrat harian. Membatasi tentu berbeda dengan tidak mengkonsumsi ya! Pembatasan konsumsi karbo juga kerap dilakukan bagi mereka yang ingin menjaga berat badan agar tetap stabil.

Lalu bagaimana seseorang tahu bahwa ia harus mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat? Hingga kini masih saja ada orang yang kerap mengartikan perasaan lelah  dengan gejala kekurangan karbohidrat. Karena itulah tak jarang orang yang sedang lelah langsung mengkonsumsi lebih banyak makanan berkarbohidrat. Padahal hal tersebut tidak selalu menandakan gejala kekurangan karbohidrat, namun lebih kepada total asupan kalori yang tidak mencukupi. Menariknya hal ini bersifat general, tidak merujuk pada satu nutrien saja yaitu karbohidrat.

Lalu berapakah jumlah konsumsi karbohidrat seseorang? Hal ini dapat dihitung setelah Anda mencukupi konsumsi harian protein. Hal ini perlu dilakukan demi alasan kesehatan. Seperti yang telah diketahui bersama, protein merupakan sumber nutrisi yang memiliki banyak kelebihan. Sleain memiliki peran kunci dalam mempertahankan rasa kenyang, protein juga berfungsi dalam proses pertumbuhan dan pemeliharaan otot. Berikut contoh rumusan perhitungan pembagian konsumsi bahan makanan  sehari-hari:

Kebutuhan Kalori               : berat badan x 12

Kebutuhan Protein            : 1 gram/pon berat badan

Kebutuhan Karbohidrat   : 0,9-1,25 gram/pon berat badan dan sisanya untuk lemak.

Contoh Karbohidrat

Contoh Karbohidrat pixabay

Perlu diketahui juga bahwa dalam 1 g protein dan karbo mengandung 4 kalori, sedangkan dalam 1 g lemak mengandung 9 kalori. Dengan perhitungan demikian, seseorang dengan berat 140 pon akan membutuhkan kalori sebanyak 1680. Jika dibulatkan ke atas, dapat ditemukan angka kebutuhan kalori harian sebesar 1700 kalori. Melalui perhitungan di atas, dapat diasumsikan bahwa kebutuhan protein, karbohidrat dan lemak masing-masing adalah 140 g, 140 g  dan 64 g, dengan rincian sebagai berikut:

Kebutuhan protein dan karbo= (140+140) x 4 kalori =1120 kalori sehingga menyisakan kalori sebanyak 1700-1120=580 kalori. Melalui hitungan didapatkan bahwa 580 kalori setara dengan 64 g lemak (580/9). Cukup mudah bukan? Lalu, bagaimana dengan pola konsumsi harian karbohidrat Anda? Sehatkah?

Baca juga:

Batasan Konsumsi Gula Per Hari

Kesalahan Cara Mengkonsumsi Protein

Trik Agar Salad Buah Anda Terlihat Lebih Menarik

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.shape.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment