Plus Minus Mengkonsumsi Makanan Pedas di Bulan Puasa

Bagi pecinta makanan bercitarasa pedas, tak ada sambal ibarat mengkonsumsi sayur tanpa garam. Bahkan ketika travelling sekalipun, sambal dalam kemasan pantang untuk ditinggal. Namun jika bulan puasa tiba, baikkah tetap menjalankan hobi yang satu ini?

Makanan Pedas

Makanan Pedas flickr

Tidak seperti bulan lainnya, di bulan Ramadhan umat muslim wajib menjalankan puasa. Puasa dilakukan sejak pagi hingga sore hari. Karena sedang berpuasa, saat jam berbuka tiba otomatis perut berada dalam kosong. Jika tidak memiliki masalah pencernaan, seseorang dapat mengkonsumsi makanan pedas baik saat sahur ataupun berbuka. Namun demikian perlu diingat bahwasanya segala sesuatu yang berlebihan umumnya tidak mendatangkan manfaat yang baik. Begitu pula dengan konsumsi makanan pedas.

Umumnya rasa pedas dihasilkan oleh cabai. Tingkat kepedasan cabai pun beragam, sesuai dengan varietasnya masing-masing. Satu yang perlu diketahui bahwasanya cabai mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin inilah yang menyebabkan timbulnya rasa pedas. Selain itu senyawa ini juga dapat meningkatkan nafsu makan serta merangsang buang air besar. Tahu sendiri kan, karena beberapa faktor seperti kurangnya gerak dan konsumsi cairan dapat mengakibatkan sebagian orang mengalami kesulitan buang air besar ketika berpuasa.

Oiya, rasa pegal dan sakit kepala juga dapat berkurang setelah mengkonsumsi cabai. Menariknya lagi, cabai juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh lho! Indonesia sendiri memiliki beragam makanan yang dibuat dengan citarasa pedas. Gulai, rendang, tongseng hingga nasi goreng jarang yang tidak menyertakan cabai sebagai salah satu jenis bumbunya. Tak hanya itu, hampir setiap daerah di Indonesia menawarkan pesona sambalnya masing-masing.

Makanan Pedas

Makanan Pedas eatthisatethat.wordpress

Namun demikian, sebaiknya tetap perlu membatasi konsumsi cabai. Konsumsi yang berlebihan dapat merangsang kambuhnya sakit maag. Dan pada sebagian orang, cabai dapat pula merangsang terjadinya diare. Kalau sedang puasa terkena diare kan bisa berabe. Dan ingat pula, konsumsi cabai tidak boleh dilakukan pada orang dengan masalah pencernaan ya. Pada orang yang menderita ambeien juga. Selain dapat menimbulkan sensasi panas pada dubur, konsumsi cabai dapat merangsang terjadinya perdarahan.

Baca juga:

Agar Tetap Fit Selama Menjalankan Puasa

Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Waktu Terbaik untuk Olahraga Saat Berpuasa

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.cnnindonesia.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment