Pilates: Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

Pilates merupakan salah satu latihan yang paling efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Fungsi utama pilates adalah menjaga agar tulang belakang tetap sehat.

yoga pixabay

yoga pixabay

Agar Anda memiliki tulang belakang yang selalu sehat, lakukan latihan pilates. Cara-caranya ialah pertama-tama letakkan lutut di bantalan empuk, lengkungkan punggung Anda dengan dagu terselip ke arah dada. Jaga keseimbangan Anda dan geser berat badan Anda ke salah satu lengan Anda. Lengkungkan punggung Anda ke arah luar dan gerakkan pinggul dari sisi ke sisi seperti anjing mengibaskan ekornya. Peregangan ini sangat baik untuk menjaga kenormalan tubuh bagian bawah. Setelah mengulang gerakan tersebut beberapa kali, tahan posisi Anda selama 10 hitungan, setelah itu lanjutkan ke gerakan berikutnya.

Gerakan berikutnya ialah ambil bantalan empuk, dan ambil posisi tengkurap. Letakkan bantalan empuk tersebut di bawah paha Anda. Tahan posisi Anda tetap stabil dengan kondisi tangan di depan, biarkan bantalan menjadi sandaran paha Anda. Setelah yakin stabil, tarik pinggul Anda seperti posisi tombak. Posisi ini akan membuat tubuh Anda dari punggung ke pinggul tertarik.

Setelah menahan posisi tersebut dalam 10 hitungan, lanjutkan ke pose berikutnya. Ambil posisi bersila. Dalam posisi ini, berikutnya Anda lengkungkan tulang belakang mendekati ke lantai. Posisi ini akan membuat Anda meningkatkan fleksibilitas. Posisi berikutnya ialah swan dive.

sport pixabay

sport pixabay

Swan dive merupakan posisi yang berfokus pada abdomin, punggung, dan pinggul ekstensor. Tujuan utamanya ialah memperkuat punggung dan pinggul ekstensor dan menstabilkan pembangkit tenaga listrik di dalam tubuh. Untuk memulai, letakkan perut Anda di atas bantalan empuk berbentuk bola dengan kaki bersama-sama menghadap ke atas sedangkan tangan ditempatkan di sisi kepala Anda. seperti push-up, bedanya, perut Anda ditempelkan pada bantalan tersebut. Posisi ini juga akan menjaga membuat tulang belakang Anda memanjang.

Posisi berikutnya ialah untuk membuka keseimbangan kedua buah kaki. Duduk di atas matras kemudian bentangkan kaki. Langkah kedua, duduk di atas matras atau tikar kemudian tekuk lutut ke arah dada dan peganglah pergelangan kaki Anda. Berikutnya tarik pusar Anda menuju tulang belakang. Tekan berat badan Anda secara merata di kedua duduk tulang dan duduklah sambil mempertahankan keseimbangan. Anda akan merasakan getaran yang menyebar dari tulang ekor sampai ke lutut. Itu berarti saraf Anda sedang bekerja untuk menyeimbangkan tulang duduk dan tulang ekor Anda.

Latihan-latihan ini membutuhkan dedikasi dan praktik yang dilakukan secara konsisten. Dalam latihan tidak hanya menggunakan semua otot inti Anda, tetapi juga akan membangun koordinasi antar tulang, otot, dan saraf. Selama latihan, pernafasan yang teratur juga dipelrukan untuk memperlancar fungsi latihan. Dengan kesabaran, Anda akan bisa mendapatkan tulang belakang yang selalu sehat.

Baca juga informasi sehat lain yang terkati dengan tulang belakang seperti:

Ini gambaran kondisi otot selama Anda melakukan chair pose

4 cara menggunakan roller foam untuk menjaga stamina Anda

4 pose backbending yoga yang memberikan banyak manfaat untuk Anda

 Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.timesofindia.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment