Perempuan yang Terlalu Banyak Duduk Beresiko Terserang Kanker

Sebuah studi terbaru menyatakan banyak waktu yang dihabiskan dengan duduk dapat meningkatkan peluang terserang kanker pada seorang perempuan. Akan tetapi, dampak ini tidak beresiko pada laki-laki.

perempuan duduk

perempuan duduk news.health

“Waktu senggang yang lebih banyak dihabiskan dengan duduk sangat beresiko pada perempuan. Terutama ancaman kanker melanoma, payudara, dan ovarium,” ungkao Dr Alpa Patel, yang memimpin pencegahan kanker stadium 3 di American Cancer Society.

Mendorong individu agar tidak duduk dalam waktu yang lama akan berdampak pada kondisi fisik mereka. Lebih baik mereka melakukan banyak aktivitas fisik, sehingga bisa terbebas dari penyakit kronis, seperti kanker. Dilaporkan dalam Jurnal Epidemology Kanker, Biomarkers & Prevention, telah dilakukan penelitian pada lebih dari 146.000 laki-laki dan perempuan yang bebas kanker pada masa studi awal. Pengamatan dilakukan selama periode waktu antara tahun 1992 sampai 2009. Selama kurun waktu tersebut ditemukan hampir 31.000 perserta mengalami potensi penyakit kanker kronis.

Baca juga : Baik Buruknya Seseorang Dapat Dilihat dari Sikap Duduknya

Dari hasil penelitian tersebut, peneliti lalu membuat sebuah kesimpulan awal bahwa jika waktu lebih banyak dihabiskan dengan duduk akan meningkatkan 10 persen lebih tinggi terserang kanker pada perempuan. Peneliti menemukan faktor-faktor pendorong permasalahan tersebut dengan melihat dari tingkat aktivitas fisik, berat badan, dan aktivitas organ dalam tubuh. Menariknya, tidak ditemukan hubungan seperti itu pada laki-laki.

kemoterapi kanker

kemoterapi kanker kompasiana

Di antara perempuan, tanda-tanda kanker tertentu dapat terlihat. Kanker yang amat berisiko menyerang karena kondisi ini ialah kanker darah, kanker payudara invasif, dan kanker ovarium. “Penelitian lebih lanjut akan dilakukan untuk lebih memahami perbedaan hubungan antara wanita dan laki-laki,” kata Alpa Patel.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara aktif dapat mengurangi resiko kanker. Para ahli nampak kebingungan dengan fakta yang menunjukkan bahwa duduk dapat meningkatkan perluang seorang perempuan terserang kanker, maka tim peneliti mengeluarkan gagasan agar semua orang di dunia ini melakukan olahraga secara teratur setiap hari.

Studi ini masih akan terus berlanjut. Temuan sebab akibat dari duduk dengan resiko peningkatan kanker pada tubuh perempuan merupakan sebuah fakta yang harus segera diatasi. Para peneliti berusaha akan menemukan cara untuk mengontrol variabel ini sebab di dunia modern saat ini, banyak pekerja yang harus menghabiskan waktunya dengan duduk di depan komputer.

Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

Gejala kanker prostat bisa ganggu keharmonisan

9 tanda awal kanker prostat

4 vaksin yang penting untuk Anda

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.news.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment