Perawatan Tubuh dengan Cryotherapy 

| Posted : 27 Feb 2015 | Tips Sehat No comments

Cryotherapy adalah teknik penyembuhan menggunakan es dan air es dalam pengobatan cedera. Secara fisiologi es mengurangi aktivitas metabolisme dalam jaringan sehingga mencegah kerusakan jaringan sekunder dan mengurangi sinyal rasa sakit ke sistem saraf pusat. Terapi es mengurangi rasa sakit dapat membantu untuk mengurangi pengembangan pembengkakan. Oleh karena itu Cryotherapy biasanya digunakan oleh atlit profesional untuk memulihkan diri dari cedera.

Cryotherapy

Cryotherapy injueyaccidentclinic

Tradisi unik ini juga ada di Jepang sebagai upacara menyambut tahun baru. Jepang meyakini mandi air es dapat membersihkan pikiran dan tubuh, sementara itu masyarakat diberbagai belahan negara di Eropa melakukan Cryotherapy untuk kesehatan.

Menurut Dr. Alan Christianson NMD, pemilik Integrative Health dan penulis buku The Complete Idiot’s Guide to Thyroid Disease mengatakan bahwa kebanyakan orang yang pernah mencoba WBC (Whole Body Cryotherapy) mengaku merasakan sensasi seperti berdiri di depan lemari es yang terbuka.

Dengan melakukan Cryotherapy Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat, antara lain: menyembuhkan rasa sakit seperti pada tendisitis, fibromyalgia, rheumatoid, dan migrain. Meningkatkan kemampuan atletik dengan meningkatkan kekuatan otot, menambah kecepatan dan kekuatan serta mempercepat proses pemulihan. Meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori. Meningkatkan energi. Menyehatkan kulit, menghilangkan seluloit, dan membuat kulit lebih elastis. Selain itu, Cryotherapy dapat membantu merawat dermatitis, psoriasis, dan memperbaiki jaringan kulit. Dapat meningkatkan kadar endorfin yang akan meredakan stres, depresi, dan meningkatkan kualitas tidur.

Cryotherapy

Cryotherapy oregonlive

Cara kerja Cryotherapy cukup sederhana, di dalam ruangan Cryosauna, Anda akan disemprot oleh kabut nitrogen. Kabut kering ini tidak berbahaya, bahkan Anda juga mengetahui kalau 80% dari atmosfer alami tubuh kita terdiri dari gas nitrogen. Kabut kering yang disemprotkan pada tubuh Anda di ruangan Cryosauna akan mendinginkan kulit namun bagian dalam tubuh Anda menjadi hangat. Proses ini akan merangsang proses penyembuhan dalam tubuh Anda. Untuk hasil yang baik, perawatan ini sebaiknya dilaksanakan setiap seminggu sekali selama sebulan dengan perawatan tambahan sekali atau dua kali setiap bulannya.

Walaupun Cryotherapy memiliki banyak manfaat, Dr. Alan Christianson tidak merekomendasikan Cryotherapy dilakukan oleh wanita yang sedang hamil atau yang memiliki tekanan darah dalam hitungan labil, orang yang memiliki masalah jantung, orang yang memiliki infeksi akut, dan sindrom Raynaud’s. Sindrom Raynaud’s merupakan sebuah kondisi di mana pembuluh-pembuluh nadi terkecil yang membawa darah ke ujung-ujung jari tangan atau kaki terhambat ketika terpapar kondisi dingin atau gangguan emosional.

Anda aman dari larangan tersebut? Silahkan mencoba Cryotherapy!

Baca juga artikel lainnya:

Cara praktis dan alami untuk mengecilkan pori-pori wajah

Manfaat zaitun untuk kecantikan

Manfaat madu untuk kencantikan dan kesehatan kulit

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: merdeka.com

 

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment