Pepaya California, Alternatif Camilan Mungil Kaya Manfaat

joybut565.blogspot.com

joybut565.blogspot.com

Apakah Anda termasuk orang yang suka cemal-cemil ini itu di setiap harinya? Apakah Anda juga mengalami problematika susah buang air besar? Kalau begitu mengalihkan camilan Anda dengan beragam buah segar dapat menjadi salah satu alternatif camilan yang sehat sekaligus mengenyangkan lho! Pepaya California salah satu contohnya. Jenis pepaya mungil yang satu ini sudah banyak dijual, mulai dari supermarket nasional hingga di berbagai pasar tradisional di berbgai daerah di Indonesia. Harganya pun tak mahal. Dengan enam hingga delapan ribu rupiah saja Anda sudah dapat membawa pulang satu kilogram buah pepaya yang bertekstur empuk dengan rasa manis yang tidak eneg.

Pepaya California adalah salah satu pepaya unggulan yang banyak dibudidayakan di berbagai wilayah di Indonesia. Pepaya California berasal dari Amerika Tengah, namun jenis pepaya yang kini banyak dibudidayakan petani adalah jeniis IPB-9 hasil pemuliaan PKKKBT-IPB. Salah satu keunngulan pepaya ini terletak pada daging buahnya yang memiliki rasa manis yang pas. Ukuran pepaya yang tidak terlalu besar menjadikannya sebagai salah satu jenis pepaya favorit yang dikonsumsi masyarakat luas. Ukuran buah manis pelancar BAB ini umumnya berada dalam kisaran 0,2 hingga 2 kg saja setiap buahnya. Jadi ketika dikupas, Anda akan mendapatkan porsi yang pas. Mungkin hal ini pula yang membuat pepaya jenis ini kian digemari dari hari ke hari.

pelangiflora.com

pelangiflora.com

Meski buah yang matang berwarna kuning, biasanya pepaya jenis ini banyak dijual di pasaran ketika kulit buahnya masih berwarna hijau. Selain untuk meminimalisir kerugian karena harus memalui proses distribusi, pepaya nyadam, sebutan untuk pepaya setengah matang juga memiliki segmentasi pasar sendiri. Menariknya lagi pohon Pepaya California dapat bertahan hidup dan berbuah hingga umur empat tahun. Dan saat musim panen tiba, dalam sebulan saja buah manis ini dapat dipenen hingga 4 kali.

Salah satu hal menarik dari buah ini adalah tekstur pohonnya yang tidak terlalu tinggi sehingga memudahkan saat pemanenan tiba. Soal rasa tak perlu ditanyakan lagi bukan? Tapi soal manfaat, buah dengan nama latin Carica papaya L. Ini memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan Anda, seperti vitamin A, B1, B2, C, kalium, posfor, kalium, karbohidrat, protein, lemak dan tentu saja serat. Murah, kenyak, enak dan sehat. Menarik bukan? Yuk segera dicoba!

Baca juga artikel menarik lainnya seperti: Air Bilasan Beras Untuk Perawatan Tubuh, Efek Dari Kurang Tidur, Kesalahan yang Mungkin Dilakukan Pada Pagi Hari

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: jateng.litbang.pertanian.go.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment