Penyebab Nyeri Kepala Akibat Kehujanan

www.prevention.com

www.prevention.com

Di musim hujan seperti sekarang ini kehujanan seolah menjadi hal yang biasa terjadi, apalagi bagi mereka yang menggunakan kendaraan roda dua ataupun memanfaatkan fasilitas publik. Bagi sebagian orang mungkin hujan ditengarai menjadi salah satu penyebab terjadinya nyeri di kepala. Benarkah hal ini? Yuk segera simak informasi menariknya berikut ini.

Meski belum ada penelitian yang menjelaskan hubungan antara pusing ataupun sakit kepala akibat hujan, namun ada beberapa alasan logis yang memungkinkan keduanya berhubungan satu sama lain. Pertama tentu saja terjadinya perubahan suhu mendadak pada tubuh. Perubahan suhu yang mendadak ini dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah. Air hujan juga dapat menyebabkan membuat suhu tubuh lebih dingin terutama di daerah kepala. Hal ini juga akan membuat tubuh berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin ini. Hal inilah yang dapat menjadi pemicu nyeri kepala saat kehujanan.

 www.eyeclinicofaustin.com

www.eyeclinicofaustin.com

Seperti yang telah diutarakan sebelumnya, cuaca dingin atau hujan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah sakit akibat paparan virus ataupun infeksi lainnya. Selain itu, air hujan juga mengandung gas-gas ataupun aneka senyawa yang ada di udara sehingga memiliki sifat yang lebih asam dari pada ph air biasa. Satu yang perlu diketahui, hujan rintik atau yang dikenal dengan gerimis memiliki konsentrasi asam yang lebih besar. Hal inilah yang menyebabkan orang bisa terkena sakit meski hanya terkena gerimis.

Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Jika musim dingin tiba, sebaiknya menggunakan penghangan tubuh seperti jaket atau sweater yang tebal lengkap dengan jas hujan. Jika Anda termasuk orang yang sering kehujanan jangan lupa mengkonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan stamina tubuh. Disarankan pula untuk segera membilas rambut agar senyawa dan gas yang bersifat asam segera hilang. Cuci pula tangan dan kaki Anda agar terhindar dari gatal atau penyakit kulit lainnya. Satu lagi, segeralah mengganti pakaian dengan pakaian kering. Bye-bye nyeri kepala!

Baca juga:

Cara Alami Menghilangkan Sakit Tenggorokan 

Aneka Manfaat Buah Anggur Bagi Wanita

Kenali Gejala dan Penyebab Terjadinya Wasir

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Symber: kilkdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment