Penyebab Mengantuk Setelah Makan

Tidur Setelah Makan

Tidur Setelah Makan running.competitor

Mengantuk merupakan respon tubuh saat meminta istirahat. Sayangnya tak hanya itu saja, mengantuk juga dapat terjadi setelah makan atau ketika kekenyangan. Keadaan ini terjadi akibat kurangnya oksigen yang masuk ke otak. Semakin banyak makanan yang dicerna maka semakin banyak pula kebutuhan oksigennya. Selain itu ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan datangnya rasa kantuk usai makan. Berikut beberapa diantaranya!

Pertama adalah kekurangan enzim. Selain berfungsi sebagai pemecah makanan, enzim juga dikenal sebagai katalis tubuh. Terdapat tiga jenis enzim di dalam tubuh. Ada enzim pencernaan, enzim yang ditemukan pada seluruh makanan mentah yang dikonsumsi dan enzim metabolik. Enzim metabolik merupakan jenis enzim yang berfungsi sebagai katalis, memproduksi energi, detoksifikasi racun dan membuang kotoran.

Ketika seseorang sedang makan, berarti enzim akan bekerja keras agar semua makanan dapat tercerna dengan baik. Namun bagi mereka yang kekurangan enzim, hal ini dapat mengganggu penyerapan zat gizi. Akibatnya makanan yang dikonsumsi tidak bisa menjadi energi. Tidak adanya asupan energi inilah yang membuat seseorang menjadi mengantuk.

Kedua adalah terhambatnya kerja neuron orexin. Neuron ini berada di hipotalamus, bagian otak yang mengatur hampir semua hormon. Ketika kadar gula darah meningkat, maka kinerja neuron orexin yang mengatur agar seseorang tetap terjaga tersebut dihambat.

Tidur Setelah Makan

Tidur Setelah Makan athleteculture

Guna menghindari rasa kantuk maka Anda dapat mencoba food combining. Food combining merupakan teknik penggabungan protein dengan sayuran non pati atau sayuran berwarna hijau, menggabungkan karbohidrat dengan sayuran, mengkonsumsi buah saja atau mengkonsumsi 60-80% makanan mentah atau makanan yang dimasak dengan teknik dikukus. Selain meminimalisir resiko mengantuk usai makan, mengkonsumsi food combining menawarkan lebih banyak energi.

Salah satu cara lain meminimalisir rasa kantuk adalah dengan sarapan. Aktivitas ini dapat menyalurkan energi yang dapat dimanfaatkan tubuh sebagai bahan bakar. Hindari pula mengkonsumsi makanan berkalori tinggi. Untuk menghindari kekenyangan setelah makan siang, jatuhkan pilihan Anda pada menu dalam porsi sedang. Guna mencegah penurunan kadar gula saat menunggu jam makan malam tiba, Anda dapat mengkonsumsi camilan.

Baca juga:

Alternatif Makanan Tinggi Protein

Menyiapkan Sarapan yang Sehat

Beragam Informasi Menarik Seputar Energy Bar

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: klikdokter.com dan www.republika.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment