Penyebab Kanker Tenggorokan Sulit Terdeteksi

Baru-baru ini, sejumlah riset menunjukkan jumlah orang yang didiagnosis dengan kanker kerongkongan terus meningkat. Dari hasil riset tersebut para peneliti memperkirakan tahun 2025, jumlah pendertia kanker kerongkongan akan meningkat sebesar 140%.

sakit tenggorokan

sakit tenggorokan obatpanasdalam

Kanker kerongkongan merupakan penyakit tumor yang tumbuh dan hidup berkembang di area sekitar tenggorokan, faring, laring, atau tonsil. Berdasarkan daerah yang diserang, kanker tenggorokan dikelompokkan dalam beberapa jenis kanker diantaranya adalah kanker nasofaring yang merupakan kanker yang menyerang dibagian atas belakang hidung, kanker hipofaring ialah kanker yang menyerang tenggorokan di bagian bawah, kanker laring ialah kanker yang menyerang pita suara, dan kanker orofaring ialah kanker yang menyerang tenggorokan di bagian tengah di belakang lidah.

Indikasi umum seseorang terserang kanker tenggorokan ialah pasien mengalami kesulitan menelan ketika makan, ada perubahan suara pada saat dia bicara, mengalami sakit tenggorokan, telinga sakit atau berdengung, terdapat benjolan yang tidak kunjung sembuh di sekitar tenggorokan, pasien mengalami penurunan berat badan secara drastis tanpa adanya sebab yang jelas, dan pasien mengalami pembekakan di area mata, rahang, tenggorokan, atau leher.

Kanker Payudara Pada Pria

Kanker  health.usnews

Dokter memperingatkan bahwa jika Anda mengabaikan masalah seperti refluks asam maka dapat menyebabkan resiko pada Anda. Refluks asam merupakan salah satu gejala serius dari akibat terdapatnya kanker di dalam tubuh Anda. Refluks asam adalah kondisi mengalirnya kembali isi lambung ke kerongkongan. Hal ini bisa terjadi karena kerongkongan kekurangan lapisan pelindung. Refluks bisa terjadi bila katup pada kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Masalah ini bisa menyebabkan nyeri, peradangan, dan kerusakan kerongkongan. Bila ada tumor di bagian kerongkongan, maka sudah pasti refluks asam akan Anda alami. Konsekuensinya bila sudah mengalami refluks ialah Anda harus menjalani operasi.

Kanker jenis ini jarang terdeteksi dengan tepat meskipun sudah dilakukan pemeriksanaan terhadap gejala-gejala yang terlihat. Gejala-gejala seperti mengalami penurunan berat badan drastis, telinga sakit, dan lain-lain bisa jadi mengarah pada penyakit-penyakit lain. Oleh karena itulah, banyak catatan yang menyatakan penyakit kanker tenggorokan tidak terdeteksi tepat waktu.

Oleh karena itulah diperlukan pemeriksaan secara x-ray agar hasil diagnosa bisa tepat, lengkap, dan terperinci. Menurut data hasil penelitian, dikarenakan diagnosa yang tidak tepat, baru ada 20% orang berhasil selamat dari kanker kerongkongan.Selain itu, pria diketahui lebih rentan terserang kanker kerongkongan daripada wanita.

Baca juga informasi lain mengenai kanker seperti:

Apakah pengobatan terbaik untuk kanker payudara stadium awal?

Tinggi badan bisa pengaruhi resiko terserang kanker? Ini penjelasannya

Perempuan yang terlalu banyak duduk beresiko terserang kanker

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.healthyfoodteam.com

 

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment