Penyebab Datangnya Uban di Masa Muda

| Posted : 20 Oct 2015 | Kecantikan, Tips Sehat No comments
Uban

Uban pixabay

Dalam kultur ketimuran rambut berwarna hitam merupakan rambut asli yang banyak mendominasi. Karena itulah bagi sebagian orang, uban atau rambut yang berwarna putih diidentikkan dengan umur yang mulai menua. Dalam dunia medis uban dikenal pula dnegan nama poliosis atau kanitis. Ada pula yang menganggap uban sebagai suatu masalah estetika. Apalalagi jika terjadi di usia muda.

Mungkin Anda pernah melihat orang beruban sejak masih muda, entah itu teman atau hanya sekilas melihat di jalan.  Hal ini dapat terjadi karena berkurangnya atau menghilangnya pigmen melamin di dalam korteks rambut. Terkait hal ini, secara umum kanitis dibagi menjadi dua jenis, bawaan dan didapat. Sesuai dengan namanya, kanitis bawaan merupakan jenis uban yang timbul sejak lahir. Kasus ini bisa mengenai sebagian atau keseluruhan rambut. Kanitis bawaan sering menyertai penderita albino ataupun vitiligo.

Jenis kanitis yang kedua adalah kanitis didapat. Kanitis jenis ini dibedakan menjadi tiga jenis yang berbeda. Yang pertama adalah kanitias senilis, sebuah kondisi terjadinya uban karena usia yang telah lanjut. Hal ini terjadi karena proses pembentukan melanin yang menurun sejalan dnegan pertambahan usia. Jenis kanitis ini merupakan salah satu penyebab timbulnya uban yang paling sering terlihat.

Selanjutnya ada kanitis prematur, yaitu berubahnya warna rambut menjadi putih yang dimulai pada usia muda. Biasanya kasus ini merupakan kasus bawaan. Dan yang terakhir adalah kanitis aerata, dimana terjadi uban pada suatu area saja. Ada berbagai penyebab terjadinya penyakit kanitis. Untuk kanitis prematur sendiri dapat disebabkan karena kelainan bawaan, obat, endokrin hingga faktor idiopatik yaitu tidak ditemukannya sebab khusus.

Uban

Uban pixabay

Meski demikian, tidak semua orang merasa risih saat tumbuh uban. Karena pada dasarnya uban tidak mengganggu kesehatan. Hanya saja sebagian orang ada yang merasa risih sehingga menutupi dnegan berbagai cara, salah satunya dengan mengecat rambut. Untuk meminimalisir hal ini, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti melakukan pola hidup sehat serta mencukupi asupan vitamin, zat besi, zink, protein dan kalsium pantotenat serta menghindari penggunaan antibiotik yang tidak tepat.

Baca juga:

Tips Mengatasi Rambut Berminyak

Tips Membersihkan Sisir dan Alat Perawatan Rambut Lainnya

Tips Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment