Penyakit yang Dapat Dideteksi Lewat Kondisi Puting Payudara

Payudara

Payudara prettymomguide.com

Payudara merupakan salah satu alat vital bagi wanita. Pasalnya bentuk payudara yang sehat dan indah mampu menjadi daya tarik tersendiri. Selain Ternyata beberapa masalah kesehatan pada payudara dapat dilihat dari kondisi putingnya.  Berikut penjeleasan selengkapnya!

Puting Mengeluarkan Cairan Seperti Susu

Ternyata cairan yang keluar dari puting dapat menandakan kondisi kesehatan seseorang. Menurut Leah S. Gendler, MD, seorang ahli bedah payudara di Morristown Medical Center di New Jersey mengatakan kalau cairan yang keluar dari puting saat tidak hamil atau menyusui bisa menjadi tanda pertumbuhan tumor jinak.

Nyeri Puting Saat Menyusui

Menyusui

Menyusui talkfeed.co.za

Sensasi rasa berdenyut, terbakar, retak atau bahkan purting sakit merupakan keluhan umum yang terjadi pada minggu pertama menyusui. Namun jika hal ini terjadi secara terus-menerus, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan pakar laktasi. Selain dapat disebabkan bayi tidak menempel dengan benar saat menyusui, bisa jadi gal ini merupakan tanda terjadinya infeksi puting akibat bakteri atau jamur Candida.

Puting Berbulu

Meski adanya folikel rambut di sekitar payudara itu normal, namun Anda perlu waspada jika folikel rambut ini menjadi menyakitkan, tumbuh dalam ukuran tidak simetris ataupun gatal atau bersisik. Gejala demikian dapat menjadi tanda terjadinya infeksi atau kanker.

Puting Ketiga

Selain ketiga hal di atas ada pula beberapa kondisi lain yang dapat terjadi pada puting seperti adanya puting ketiga. Puting ketiga merupakan kelainan yang menyerupai tahi lalat yang bisa diatasi dengan dibantu dengan prosedur rawat jalan.

Kondisi Lainnya

Ada pula kasus yang dinamakan puting masuk ke dalam. Namun tidak usah khawatir, hal ini dapat diperbaiki dengan prosedur pembedahan untuk melepaskan jaringan ikat sehingga puting dapat keluar layaknya wanita normal pada umumnya.

Karena puting merupakan salah satu area sensitif pada wanita, rangsangan puting dapat memberi sensasi seksual. Karena itulah ada baiknya puting tidak ditindik. Tandakan tindik pada puting dapat mengakibatkan kerusakan saraf yang dapat menghilangkan sensasi seksual yang umum terjadi.

Baca juga:

Cara Mudah Mengatasi Payudara Kendur Tanpa Obat

Kenapa Payudara Sering Nyeri Saat Menstruasi ? Ini Alasannya !

Benarkah Pompa ASI Adalah Biang Keladi Mengendurnya Payudara Anda?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: health.liputan6.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment