Penyakit Menular yang Dapat Mengintai Saat Ibadah Haji

| Posted : 15 Jan 2016 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Ilustrasi Haji

Ilustrasi Haji blog.dawntravels.com

Bagi umat muslim, melakukan ibadah umroh atupun haji di tanah suci merupakan suatu cita-cita tersendiri. Selain menyisihkan sebagian penghasilan, Anda juga wajib melengkapi diri dengan berbagai pengetahuan terkait informasi kesehatan. Salah satunya adalah penyakit menular yang dapat terjadi saat melakukan umroh atupun haji. Berikut informasi selengkapnya!

Salah satu penyakit menular yang wajib diwaspadai adalah penyakit meningokokus. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis ini dapat ditularkan melalui kontak langsung ataupun melalui percikan ludah dengan penderita. Gejala penyakit meningokokus dapat berupa sakit kepala, demam, muntah, leher kaku serta perasaan takut akan cahaya. Selain melakukan vaksinasi sebelum berangkat haji, pencegahan lain dapat dilakukan dengan menghindari tempat yang terlalu penuh saat beribadah haji.

Selain itu, ada pula penyakit yang bisa mengintai jamaah pria. Di akhir akan melakukan tahallul, yaitu memotong rambut sebagai simbol telah diselesaikannya rangkaian ibadah haji. Meski wanita juga berkewajiban yang sama, namun tahallul pada wanita dapat dilakukan dengan memotong rambut sepanjang satu ruas jari saja. Berbeda dengan tahallul pada laki-laki yang diutamakan mencukur rambut hingga gundul.

Meski terkesan sepele, namun mencukur dengan pisau cukur yang tidak bersih dapat menularkan patogen penyakit yang dapat ditularkan melalui darah. Beberapa penyakit tersebut meliputi penyakit hepatitis C, hepatitis C dan HIV. Karena itulah untuk meminimalisir terjadinya hal ini terdapat peraturan resmi untuk mengetes tukang cukur dengan tiga parameter penyakit di atas. Selain itu pisau cukur yang digunakan harus sekali pakai. Karena itulah ikutilah petunjuk untuk mencukur di pusat resmi yang ditunjuk.

Potong Rambut

Potong Rambut riversflowinginparadise.com

Infeksi juga bisa terjadi pada kulit. Hal ini bisa terjadi akibat gesekan saat melakukan rangkaian kegiatan haji. Perjalanan yang panjang, cuaca panas serta kegemukan dapat menjadi pemicu gesekan. Karena itulah jamaah haji disarankan untuk mejaga agar kulit tetap kering. Hal ini dapat dilakukan dnegan menaburkan bedak. Selain karena gesekan, infeksi kulit dapat disebabkan karena penyakit orf. Penyakit ini merupakan penyakit virus domba dan kambing yang disebabkan oleh virus parapox. Infeksi ini dapat terjadi karena kontak langsung seseorang dengan hewan terinfeksi.

Baca juga:

Tips Memelihara Kesehatan Sebelum Berangkat Umrah

Seluk-beluk Kanker Mulut

Bahaya Gas CO yang Mematikan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber:

www.tanyadok.com  dan panduanpintarmanasikhajidanumrah.blogspot.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment