Pentingnya Sarapan Bagi Kesehatan

Ilustrasi Sarapan Sehat

Ilustrasi Sarapan Sehat livescience

Kini pentingnya sarapan mulai menjadi kegiatan yang mulai digalakkan berbagai pihak. Salah satu pihak yang menggalakkan kegiatan ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang fast moving consumer good. Kita dapat melihatnya di berbagai iklan yang kini tayang di berbagai media, termasuk di beragam stasiun televisi. Disadari atau tidak, sejatinya kegiatan sarapan bersama dapat dijadikan aktivitas pengisi quality time bersama keluarga ataupun lingkungan sekitar. Menariknya lagi, jika dilakukan dua jam setelah bangun tidur, sarapan dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Hal ini berkaitan erat dengan metabolisme glukosa atupun gula darah.

Seperti yang diketahui bersama, kadar glokusa akan naik setiap kali Anda makan. Setelah makan, maka pankreas yang normal akan memproduksi insulin. Hormon insulin merupakan jenis hormon yang berguna sebagai pengatur gula darah dalam tubuh. Penelitian menemukan bahwa menjaga keseimbangan glukosa dan insulin memiliki efek yang baik bagi metabolisme tubuh. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kesehatan.

Ada satu fakta menarik terkait sarapan sehat yang layak diketahui. Ternyata setelah mengkonsumsi sarapan sehat, gula darah akan meningkat dalam kadar yang sedikit. Uniknya lagi, peningkatan kadar gula darah ini memakan waktu yang cukup lama. Pendapat ini dikemukakan oleh Eric Rimm, Sc. D, seorang Profesor Epidomologi dan Nutrisi Harvard School of Public Health di Boston. Bahkan ia mengemukakan bahwa ada kemungkinan Anda tidak akan mengalami kelaparan dalam jangka waktu lima jam setelah sarapan. Menarik bukan?

Ilustrasi Sarapan Sehat

Ilustrasi Sarapan Sehat citymarketandcafe

Karena berbagai alasan, ada sebagian orang yang melewatkan sarapan. Dengan kondisi demikian, tak jarang pula ada yang “membalas dendam” dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi berlebihan saat jam makan siang tiba. Tentu hal ini akan berdampak tidak baik. Selain terjadi lonjakan kadar glukosa, pankreas akan bekerja lebih berat. Perlu diketahui bahwa hal ini dapat memperbesar resiko terjadinya diabetes. Sebuah kondisi dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau tidak bekerja dengan baik.

Selain mampu menjaga kestabilan gula darah, sarapan tentu akan menjadi sumber energi untuk melakukan aktivitas di pagi hari. Aktivitas di sekolah, bekerja hingga travelling pun menjadi lebih bertenaga. Tanpa sarapan seseorang bisa mengalami kondisi yang kurang menyenangkan seperti mudah marah, gelisah serta merasa lelah. Jadi meski terlihat sepele, ternyata sarapan mendatangkan manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Satu lagi yang perlu diperhatikan, hendaknya Anda juga mampu melakukan pemilihan menu dengan kandungan nutrisi yang seimbang. So, breakfast first please!

Baca juga:

7 Jenis Sarapan untuk Menutrisi Otak

Menjaga Berat Badan Ideal dengan Sarapan

Hal yang Harus Dihindari Saat Sarapan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.consumerreports.org dan kidshealth.org

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment