Pakar: Ada Baiknya Anda Tak Perlu Sabun Saat Mandi

Kebanyakan orang berpikir bahwa kuman itu kotor dan berbahaya untuk kesehatan tubuh. Pernahkah Anda berpikir bahwa ternyata ada kuman yang sangat penting untuk mendukung kesehatan pencernaan, kesehatan kulit, dan kekebalan tubuh.

mandi

mandi skincare.about

Orang-orang sekarang mengetahui cara mudah untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi antibiotik dan makan banyak makanan sehat. Akan tetapi gaya hidup yang terlampau menjaga kebersihan ternyata bisa menjadi kesalahan besar. Demikian penuturan Robynne Chutkan, MD, pendiri Center for Women in Chevy Chase, Maryland, dia juga seorang penulis The Microbiome Solution.

Apa yang menyebabkan gaya hidup yang terlampau bersih dapat menjadi kesalahan besar? Dr. Chutkan mengatakan kontak teratur dengan kotoran dan debu mengajarkan mikroba tubuh Anda untuk mengenali kuman yang ramah dan berbahaya untuk kesehatan. Dia memberikan beberapa tips untuk menukar gaya hidup super bersih dengan gaya hidup normal.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mandi menggunakan sabun saat tubuh benar-benar kotor. Ada fungsi khusus mengenai hal ini. Kotoran tidak menyebabkan penyakit, tetapi mandi dengan sabun berulang kali dapat membunuh bakteri baik pada kuit. Tindakan ini bisa membahayakan kondisi kekebalan tubuh Anda.

Gunakan sabun saat Anda benar-benar baru saja berada di tempat yang kotor, misalnya dari kandang hewan, lumpur, rumah sakit, tempat sampah, dan lain-lain. Bahkan menggunakan sabun saat Anda selesai berolahraga juga kurang baik karena bisa membunuh bakteri baik yang sedang memproses virus yang hendak dikeluarkan dari dalam tubuh melalui keringat.

Mandi

Mandi blog.rinseace

Dr. Chutkan mengatakan saat akan mandi dengan sabun, Anda bisa pilih sabun ringan yang terbuat dari bahan-bahan organik daripada memilih sabun anti-bakter yang terbuat dari proses kimia.

Sabun bahkan tidak diperlukan selama Anda terjangkiti virus flu. Yang diperlukan selama Anda mengalami flu adalah dengan secara teratur mencuci tangan air hangat setidaknya selama 20 detik. Cara ini akan menghalau virus dan vakteri penyebab flu, namun akan tetap menjaga Anda memiliki antibiotik alami yang diperlukan tubuh untuk memerangi virus flu.

Sewaktu mandi, Dr. Chutkan menyarankan bilas tubuh dengan air tanpa menggunakan sabun antibakteri dan sampo. Agar mikroba baik tetap ada di sekeliling Anda, Dr. Chutkan menyarankan agar Anda sesekali berinteraksi ke daerah peternakan. Jadilah sukarewalan di perkebunan atau duduk di taman. Bukalah jendela rumah Anda agar mikroba baik dapat masuk ke dalam rumah atau mobil Anda. Membeli bahan makanan di pasar atau pada petani langsung juga sangat baik untuk menjaga keberadaan mikroba baik di sekeliling Anda. Ingat, Anda membutuhkan mikroba baik untuk melawan mikroba jahat yang sering mengganggu kesehatan Anda. Obat kimia belum tentu dapat membantu, namun antibiotik alami bisa memberikan harapan hidup panjang untuk Anda. Selamat menjaga kesehatan!

Baca juga informasi sehat lain terkait dengan bakteri seperti:

Ramuan herbal ini dapat melindungi Anda dari virus jahat

Makanan dan minuman yang tepat untuk penderita flu

5 cara mengetahui Anda butuh antibiotik atau tidak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.news.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment