Mitos Seputar SPF yang Wajib Anda Ketahui

Sunblock

Sunblock chri.olhblogspace

Bagi kaum hawa tentu istilah Sun Protection Factor atau yang dikenal dengan SPF bukan lagi menjadi hal baru. Bahan yang kerap ada pada tabir surya, body lotion dan beragam produk make up ini dikenal mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV B. Perlu diketahui bahwasannya sinar UV B dapat menyebabkan kerusakan awal pada lapisan luar kulit (epidermis) yang mengakibatkan kulit terbakar.

Meski sinar UV B juga diperlukan untuk sintesis vitamin D, namun ketika Anda menggunakan tabir surya pun Anda telah cukup mendapatkan sinar UV B ini. Namun demikian perlu diperhatikan bahwasanya SPF pada tabir surya tidak dapat melindungi Anda dari efek buruk sinar UV A. Dan ternyata sinar UV A dapat menembus lebih dalam yaitu ke dalam lapisan kulit. Karena hal inilah sinar UV A dapat merusak serat kulit serta merusak elastisitas kulit yang dapat menyebabkan efek jangka panjang seperti penuaan dini, keriput dan hiperpigmentasi.

Sunblock

Sunblock ecouterre

Pertanyaan selanjutnya tentu berkisar seputar probabilitas tabir surya dalam menghalau kanker kulit bukan ladies? Menurut beberapa laporan menemukan bahwa penggunaan tabir surya secara teratur tidak menurunkan basal cell carcinoma ataupun melanoma. Para peneliti menduga bahwa pengguna tabir surya akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk aktivitas di bawah sinar matahari. Padahal, seperti yang telah banyak diketahui, kandungan SPF tidak mampu melakukan perlindungan yang memadai dari pengaruh buruk sinar UV A. Selain itu tidak ada pernyataan bahwa tabir surya mampu mengurangi resiko kanker kulit.

Selain itu nanopartikel yang terdapat dalam tabir surya pun tidak pernah melewati stratum corneum. Sebuah sebutan untuk lapisan terluar epidermis yang terutama terdiri atas 15 hingga 20 lapis sel gepeng yang tidak berinti dengan sitoplasma yang dipenuhi dengan keratin. Para ilmuwan juga telah menemukan physical blockers untuk zinc oxide dan titanium dioxide. Jadi tidak perlu khawatir terkait dengan nano partikel yang terdapat dalam tabir surya. Selain itu sekali dioleskan pada kulit, nanopartikel telah terbukti mengumpul kembali sehingga tidak lagi dianggap sebagai nano partikel. Namun demikian tabir surya dalam bentuk lotion tetap lebih aman dibandingkan dengan bentuk spray. Hal ini tentu berkaitan dengan resiko terhirup melalui sistem pernafasan.

Baca juga:

Mencegah Kulit Kering Akibat Paparan AC

Cemal-Cemil Makanan yang Baik Untuk Kulit

Manfaat Garam Laut untuk Mempercantik Kulit

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.allure.com, id.oriflame.com dan www.erha.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment