Mitos dan Fakta Tentang Vitamin C

Kebanyakan orang sudah mengetahui satu dua hal tentang manfaat vitamin C untuk tubuh. Mereka tahu bahwa dalam jus jeruk terkandung vitamin C yang dapat membantu mempercepat tubuh pulih dari sakit serta mempercepat mengeringkan luka luar. Akan tetapi mitos tentang nutrisi yang terkandung di dalamnya masih belum dikuak seluruhnya. Kebenaran tentang fungsi vitamin C secara keseluruhan masih berupa misteri.

vitamin c

vitamin c lampost

Apakah Anda tahu bahwa vitamin C dapat membantu kesehatan jantung? Sebuah studi baru dari University of Colorado, Boulder, menemukan bahwa ada 500 miligram zat dalam vitamin C memiliki daya untuk memberi perlindungan pada pembuluh jantung.

Vitamin C akan bekerja lebih efektif melindungi kinerja pembuluh darah selama Anda beraktifitas. Dukungan itu perlu juga untuk didorong dari faktor eksternal seperti olahraga. Pergerakan vitamin C akan menjadi semakin lebih baik ketika Anda juga mendukung kondisi tubuh Anda dengan olahraga yang cukup.

Apa lagi yang banyak orang ketahui tetang vitamin C? Kebanyakan orang percaya bahwa vitamin C dapat membantu menghindari penyakit, seperti penyakit yang disebabkan oleh cuaca ektrim di musim dingin. Orang percaya Anda takkan terserang flu jika di dalam tubuh Anda terkandung banyak vitamin C. Oleh karena itulah, banyak ahli membuat suplemen vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

vitamin c

vitamin c berkeleywellness

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi vitamin C kemungkinan terserang pilek lebih minim daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Jikalau terserang, jangka waktunya menjadi lebih pendek. Anda akan lekas sembuh dan kondisi tubuh Andan pun akan cepat normal.

Memang benar bahwa vitamin C sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C memiliki peran penting untuk mempercepat penyembuhan luka.

Akan tetapi, cara terbaik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah dengan cara makan makanan yang sehat, termasuk makanan yang kaya akan produk vitamin C sepanjang waktu bukan suplemen vitamin C yang notabene dibuat oleh pabrik dengan proses kimia.

vit-c

vit-c dianatoddbanks

Apa yang terjadi jika ternyata tubuh kita masih kekurangan vitamin C meskipun sudah mengonsumsi suplemen vitamin C? Tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin C. Vitamin ini dapat diperoleh oleh tubuh dari buah dan sayuran segar. Tubuh yang menerima nutrisi segar dari buah dan sayuran dapat memproses nutrisi yang dibawanya sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda kekurangan vitamin C, masalah ringan sampai serius dapat menimpa Anda, diantaranya mimisan, bengkak sendi, kulir kasar dan kering, memar, gusi berdarah dan lain sebagainya.

Target harian vitamin C yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 75 miligram untuk wanita dan 90 miligram untuk laki-laki. Maka, atur baik-baik konsumsi makanan Anda ya, agar kebutuhan vitamin dan nutrisi lainnya terpenuhi. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Baca juga informasi kesehatan lainnya seperti:

Minum air membantu menegah batu ginjal

Minyak ikan mampu menurunkan resiko kematian karena penyakit jantung

Terapi musik untuk menjaga kestabilan jantung

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment