Minuman Ini Berbahaya Jika Digunakan Untuk Minum Obat!

photo from byystilleto.blogspot.com

photo from byystilleto.blogspot.com

Tubuh kita didesain untuk tidak kekurangan cairan, makanya kita harus banyak mengonsumsi air terutama air mineral. Jika kekurangan air, kita akan mengalami hal-hal yang akan berakibat fatal seperti dehidrasi. Minuman memang sangat penting bagi tubuh, namun ada beberapa jenis minuman yang dapat menimbulkan reaksi merugikan apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat dan Anda sangat dianjurkan untuk menghindari minuman-minuman ini jika akan mengonsumsi obat-obatan.

Jus Anggur. Jus ini akan mengganggu kinerja terhadap lebih dari 50 macam obat-obatan, termasuk statin dan obat untuk darah tinggi. Buah anggur mengandung sejumlah senyawa organik yang diidentifikasi sebagai turunan furanokumarin. Dimana senyawa ini dapat menggangu hati dan menyerap enzim-enzim yang berada di dinding usus kecil. Penelitian menunjukkan bahwa jus ini dapat meningkatkan absorpsi atau penyerapan terhadap obat-obatan tertentu serta mengubah dosis normal menjadi dosis yang berlebihan.

Berbeda dengan jus anggur, produk susu malah akan mengurangi absorpsi antibiotik dalam tubuh dimana akan mengambat penyerapan komponen tertentu dalam obat, seperti zat besi. Susu mengandung kalsium yang dapat mengganggu efektivitas obat tiroid dan dapat mengikat obat atau antibiotik sehingga dapat mencegah penyerapan obat dalam tubuh. Jika Anda sedang mengonsumsi obat dan ingin meminum susu, cobalah tunggu sekitar 4 jam atau lebih.

photo from pitakaset.blogspot.com

photo from pitakaset.blogspot.com

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh hijau, teh hitam, dan minuman-minuman pemberi energi dapat menimbulkan ancaman kesehatan yang serius jika diminum dengan stimulan atau obat. Hindari meminum secangkir kopi saat Anda sedang mengonsumsi efedrin (penekan nafsu makan), obat asma dan amfetamin. Beri jarak sekitar 2 hingga 3 jam setelah minum obat, setelah itu baru Anda dapat meminum kopi.

photo from life.viva.co.id

photo from life.viva.co.id

Wine. Meneguk segelas anggur saat minum obat anti depresan bisa menyebabkan hipertensi, sakit kepala, detak jantung Anda berdetak dengan cepat, dan yang paling buruk adalah stroke. Bahan dasar dari wine sendiri adalah anggur, yang mana sudah dibahas pada paragraf sebelumnya. Dari sini kita dapat menarik kesimpulan bahwa segala macam olahan anggur, tidak baik untuk dikonsumsi bersama obat.

photo from www.artisanwinesonoma.com

photo from www.artisanwinesonoma.com

Baca artikel lainnya:

Ragam Alternatif Camilan Sehat

Delima, Camilan Mungil Kaya Manfaat

Temukan Cara Alami Menghilangkan Sakit Tenggorokan di Sini!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: terselubung.in

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment