Menjaga Kesehatan Saat Perayaan Imlek

Menu Imlek

Menu Imlek misz-ella.blogspot.com

Moment tahun baru, tidak terkecuali dengan perayaan Imlek umumnya erat dikaitkan dengan acara makan-makan. Menariknya lagi, perayaan tahun baru yang identik dengan warna merah ini tidak hanya dirayakan oleh keturunan Tionghoa saja. Banyak masyarakat biasa ikut menikmati beragam kuliner khas Imlek yang banya dijual di beragam pusat perbelanjaan. Kue keranjang misalnya.

Salah satu aktivitas Imlek yang tidak akan dilewatkan adalah acara makan-makan bersama keluarga dan kerabat dekat. Kalau sudah begini, tentu tuan rumah akan menyajikan beragam masakan dengan citarasa terbaik. Apalagi aeka hidangan yang disajikan saat Imlek umumnya memiliki filosofi tersendiri. Saat menunggu tahun baru tiba, otomatis kegiatan fisik akan berkurang. Aktivitas fisik digantikan dengan kegiatan bersantai serta acara makan bersama.

Untuk menjaga kesehatan serta meminimalisir peningkatan berat badan, Anda dapat melakukan beberapa tips mudah berikut ini. Pertama sisipkan porsi hidangan sayuran yang lebih banyak dari biasanya. Sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Serat yang terdapat dalam sayuran juga dapat meminimalisir resiko susah buang air besar.

Pilihan sumber karbohidrat yang dipilih pun bisa dipilih dari yang kaya serat seperti nasi merah atau roti gandum. Sedangkan untuk lauk, menu dari ikan menawarkan kandungan nutrizi yang lebih sehat. Jika dibandingkan dengan daging sapi dan babi, ikan mengandung lebih sedikit lemak dan kolesterol.

Menu Imlek

Menu Imlek spicerover.wordpress.com

Selain itu, cara memasak pun wajib diperhatikan. Usahakan untuk menghidangkan makanan dengan cara direbus, dipanggang atau dikukus. Jika ingin menumis, usahakan memakai sedikit minyak saja. Untuk meminimalisir penggunaan saus dan msg, Anda bisa menggunakan aneka rempah atau tanaman herba. Selain terbukti mampu menambah kelezatan hidangan, beragam herba menawarkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kurangi pula konsumsi gula pada minuman. Tidak jarang minuman inilah yang mneyebabkan seseorang kelebihan asupan gula setiap harinya. Karena itulah jangan lupa untuk menyediakan air putih baik di meja makan atau ruang tamu. Terakhir, jangan lupa untuk makan dalam porsi kecil. Hal ini merupakan antisipasi pertama agar Anda tidak kebanyakan makan dan menimbun sampah di dalam perut. Selamat merayakan Imlek!

Baca juga:

Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan Tiba

Menjaga Kesehatan Bayi Saat Bertemu Orang Lain

Makanan yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mata

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: duniafitnes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment